Pembagian BLT-DD 2023 Selesai, Penerima di 16 Desa Bisa Tersenyum

Pembagian BLT-DD 2023 Selesai, Penerima di 16 Desa Bisa Tersenyum

Pembagian BLT-DD 2023 Selesai, Penerima di 16 Desa Bisa Tersenyum--

RADARMUKOMUKO.COM - Penyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap IV tahun 2023 di Kecamatan Ipuh dipastikan selesai. Penerima Bantuan di 16 Desa bisa tersenyum.

Bantuan tunai tahap IV adalah untuk jatah 3 bulan sekaligus, yaitu, bulan Oktober, November dan bulan Desember. 

BACA JUGA:Jintan, Bahan Ajaib untuk Membersihkan Kulit

Besaran dana BLT-DD tahap IV yang diterima masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yaitu sebesar Rp 900.000. BLT-DD tahap IV ini merupakan bantuan tunai terakhir yang disalurkan oleh pemerintah desa di tahun 2023. 

Sesuai dengan petunjuk teknis penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2024 mendatang, penyaluran BLT-DD ini tetap berlanjut. Sebagai upaya pemerintah untuk mengeraskan kemiskinan ekstrim.

Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos saat dikonfirmasi mengatakan, sesuai dengan kesiapan masing-masing desa. Setelah mendapat informasi dana BLT-DD sudah masuk ke Rekening Kas Desa (RKD). 

Pihaknya dari kecamatan langsung menginstruksikan semua desa untuk segera menjadwalkan penyaluran. Karena keluarga yang ditetapkan sebagai KPM ini adalah warga yang dikategorikan miskin ekstrim. Tentu bantuan ini sangat dinanti dan dibutuhkan. 

"Alhamdulillah, semua desa 16 Desa di wilayah Kecamatan Ipuh ini sudah selesai menyalurkan BLT-DD tahap IV. Semua desa melakukan proses percepatan penyaluran. Dimana BLT-DD tahap IV ini adalah bantuan tunai terakhir yang disalurkan oleh desa ditahun 2023 ini," kata Sepradanur.

BACA JUGA:Libur Nataru Ini 5 Objek Wisata Mukomuko dan Lintasan Arum Jeram Uji Adrenalin yang Masih Alami Mesti Dicoba

Setelah menuntaskan penyaluran BLT-DD tahap IV, lanjut Sepradanur, pihaknya dari kecamatan minta masing-masing desa kembali fokus penyusunan perencanaan tahun 2024. 

Mengingat tahun 2023 ini mau berakhir. Jika tidak ada halangan Minggu depan pihaknya dari kecamatan segera membuat jadwal evaluasi berkas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) tahun 2024 di tingkat kecamatan. Karena itu, semua desa harus melakukan percepatan dan mengejar target sebelum tanggal 31 Desember mendatang. 

"Setelah selesai menyalurkan BLT-DD. Kita kembali minta semua desa melakukan percepatan penginputan dan penyusunan berkas RAPBDes tahun 2024. Kita menargetkan Minggu depan sudah ada RAPBDes yang kita evaluasi," harapnya.

Ditambahkannya, menjelang akhir tahun ini masing-masing Pemdes harus kerja maraton. Karena banyak kegiatan yang harus diselesaikan sebelum tutup tahun. 

Pihaknya dari kecamatan terus berupaya memberi pembinaan dan pengawasan. Sehingga target percepatan menjelang akhir tahun ini bisa tercapai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: