Harus Alami Cuci Darah Seumur Hidup, Bisakah Penderita Gagal Ginjal Sembuh?

Harus Alami Cuci Darah Seumur Hidup, Bisakah Penderita Gagal Ginjal Sembuh?

Harus Alami Cuci Darah Seumur Hidup, Bisakah Penderita Gagal Ginjal Sembuh?--

RADARMUKOMUKO.COMGagal ginjal adalah kondisi kesehatan di mana organ ginjal mengalami kerusakan sehingga tidak dapat bekerja secara optimal.

Hal ini akan menyebabkan sisa metabolisme dan racun dalam tubuh tidak tersaring sehingga masuk dalam darah.

Seorang penderita gagal ginjal perlu melakukan cuci darah untuk membuang racun dan sisa metabolisme yang masuk ke dalam darah.

Cuci darah di lakukan sebagai pengganti fungsi ginjal yang sudah tidak berfungsi. Tindakan untuk di lakukan agar tidak merusak organ tubuh lain.

BACA JUGA:Pasien Cuci Darah Diisukan Terpapar COVID, Keluarga Merasa Dirugikan

Cuci darah di lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Selain itu, sebagian besar penderita gagal ginjal memerlukan cuci darah seumur hidup karena ginjal tidak sembuh.

Menurut salah seorang dokter Ahli penyakit dalam yaitu dr. Ni Made Hustrini mengungkapkan bahwa seorang pasien gagal ginjal tidak akan bisa sembuh.

Ketika pasien penderita gagal ginjal sudah memasuki stadium akhir atau stadium 5 maka penderita sudah tidak dapat sembuh.

Tindakan yang dapat di lakukan ketika ginjal sudah mengalami kerusakan sepenuhnya maka pasien gagal ginjal perlu melakukan transplantasi ginjal.

BACA JUGA:Sering Disepelekan, Inilah Kebiasaan-Kebiasaan yang Menyebabkan Kerusakan Organ Ginjal

Langkah ini merupakan langkah terakhir yang harus di lakukan penderita gagal ginjal untuk dapat melanjutkan kehidupannya.

Oleh karena itu pentingnya fungsi ginjal bagi tubuh maka kita perlu menjaga kesehatan ginjal.

Menjaga kesehatan ginjal sangat penting karena ketika sudah mengalami kerusakan maka sudah tidak dapat sembuh.

Untuk menjaga kesehatan ginjal lakukan pola hidup yang sehat dan olahraga rutin. selain itu lakukan cek rutin kesehatan ginjal ke dokter.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: