Apakah Menolak Pemberian Termasuk Menolak Rezeki? Ini Pandangan Islam

Apakah Menolak Pemberian Termasuk Menolak Rezeki? Ini Pandangan Islam

Apakah Menolak Pemberian Termasuk Menolak Rezeki? Ini Pandangan Islam--

Sebaliknya, jika kita menolak pemberian tanpa alasan yang syar'i dan hanya karena sombong, angkuh, atau tidak suka dengan orang yang memberi, maka ini termasuk menolak rezeki dan menyia-nyiakan nikmat Allah SWT. 

BACA JUGA:Ini Dampaknya Kalau Memberi Pengemis Uang yang Bisa Bekerja? Yuk, Simak Penjelasan dari Islam!

BACA JUGA:Dibalik Nuansanya yang Menegangkan, Inilah Keunikan Bangunan Palestina yang Bernuasa Islami

Hal ini bisa menimbulkan kemurkaan dan kehilangan berkah dari Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيد

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7)

Dari ayat ini, kita bisa memahami bahwa bersyukur adalah salah satu kunci untuk mendapatkan rezeki yang lebih banyak dan lebih baik dari Allah SWT. Sedangkan mengingkari nikmat Allah SWT adalah salah satu sebab untuk mendapatkan azab yang pedih dari Allah SWT.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِ بِنِعْمَةٍ فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ جَوْفَ النَّارِ

"Barangsiapa yang diberi nikmat oleh Allah, kemudian ia mengucapkan: 'Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna', maka Allah mengharamkan baginya perut neraka." (HR. Tirmidzi)

BACA JUGA:Dapat Rezki Mesti Besyukur, Menurut Ulama Ada 4 Rukun Syukur Yang Harus Dipenuhi Menurut Islam

BACA JUGA:Cara Mendapatkan Rizki yang Mengalir Dari Seluruh Arah Dengan Tidak Disangka-Sangka, ini Menurut Islam?

Dari hadis ini, kita bisa memahami bahwa mengucapkan hamdalah adalah salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat Allah SWT dan mendapatkan perlindungan dari siksa neraka.

Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menerima atau menolak pemberian dari orang lain. Jika pemberian itu baik dan halal, maka kita boleh menerimanya dengan rasa syukur dan senang hati, serta mengucapkan terima kasih kepada orang yang memberi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: