Kisah K.H Raden Muhammad Zarkasyi, Ulama yang Mampu Menghilang dari Penjara Belanda

Kisah K.H Raden Muhammad Zarkasyi, Ulama yang Mampu Menghilang dari Penjara Belanda

Kisah K.H Raden Muhammad Zarkasyi, Ulama yang Mampu Menghilang dari Penjara Belanda--

RADARMUKOMUKO.COM - KH Raden Muhammad Zarkasyi, yang lahir pada tahun 1897 di Kampung Cibaduyut, Bandung, Jawa Barat, adalah seorang ulama besar dan pejuang kemerdekaan Indonesia. 

Beliau juga merupakan pendiri Pondok Pesantren Cibaduyut, yang menjadi pusat pendidikan Islam dan pergerakan nasional di daerah tersebut. 

Selain dikenal sebagai ahli fiqih, beliau juga memiliki keberanian dan kesaktian yang luar biasa, sehingga mampu menghilang dari penjara Belanda dengan izin Allah SWT.

Salah satu kesaksian tentang karomah beliau ini berasal dari KH Ahmad Syarifudin, salah seorang santri Mama Cibaduyut yang masih hidup. 

BACA JUGA:Pemerintah Akan Ubah Mata Uang, Rp 1000 Menjadi Rp 1 dan Rp 100.000 Menjadi Rp 100, Dampaknya Ini

Beliau tinggal di Cibaduyut dan pernah bercerita kepada penulis buku "Mama Cibaduyut, Ulama Perempuan yang Berani Melawan Belanda". Menurut beliau, ketika Belanda masih menjajah Indonesia, Mama Cibaduyut sering ditangkap dan dipenjara oleh Belanda karena dianggap sebagai tokoh yang menghasut rakyat untuk melawan penjajah.

Namun, setiap kali beliau dipenjara, beliau selalu bisa menghilang dari dalam sel penjara dengan cara yang ajaib. 

Beliau bisa keluar dari penjara tanpa diketahui oleh penjaga atau sipir Belanda. 

Beliau bisa pergi ke mana saja yang beliau mau, seperti ke masjid untuk shalat, ke rumah untuk bersilaturahim, atau ke pesantren untuk mengajar. Setelah selesai, beliau bisa kembali ke dalam penjara tanpa ada yang menyadari. Hal ini terjadi berulang-ulang, hingga membuat Belanda bingung dan takut.

Sementara itu, di dalam penjara, Mama Cibaduyut tidak pernah merasa takut atau sedih. 

Beliau tetap tenang dan berdoa kepada Allah SWT agar diberi perlindungan dan pertolongan. 

BACA JUGA:Renyah dan Gurih Maknyus, Ini Resep Kacang Telur yang Bikin Nggak Berhenti Ngunyah

Beliau juga memberikan semangat dan motivasi kepada para tahanan lain yang juga merupakan pejuang kemerdekaan. Beliau berkata, "Jangan takut, Allah SWT bersama kita. 

Kita harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan tanah air kita dari penjajah yang zalim. Kita harus bersabar dan bertawakkal kepada Allah SWT, karena Dia-lah yang akan memberi kemenangan kepada kita".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: