Mengapa Harus Beralih Dari Bensin ke Pertalite? Ini Alasannya

Mengapa Harus Beralih Dari Bensin ke Pertalite? Ini Alasannya

Mengapa Harus Beralih Dari Bensin ke Pertalite? Ini Alasannya--

Bensin adalah BBM yang sudah lama digunakan oleh masyarakat, terutama bensin premium yang memiliki harga terjangkau. 

Namun, bensin memiliki komposisi kimia yang lebih buruk daripada pertalite, karena tersusun dari senyawa hidrokarbon yang memiliki rantai karbon lebih pendek dan lebih sederhana, serta tidak mengandung zat aditif yang dapat meningkatkan kualitas dan performa BBM. 

Bensin juga memiliki nilai oktan yang lebih rendah daripada pertalite, yaitu 88, sedangkan pertalite 90. Nilai oktan yang lebih rendah berarti BBM lebih mudah terbakar dan lebih rentan terhadap tekanan, sehingga dapat meningkatkan risiko knocking, yaitu suara berdentum yang timbul akibat pembakaran tidak sempurna di dalam mesin.

Bensin dapat memberikan kinerja mesin yang lebih buruk daripada pertalite, karena dapat menurunkan akselerasi, tenaga, dan torsi mesin. 

BACA JUGA:Kampanye Gemar Makan Ikan, Dinas Perikanan, TP PKK dan DWP Mukomuko Kunjungi 3 Sekolah Dasar

BACA JUGA:Sederhana Tapi Bikin Boros Nasi, Resep Tumis Kangkung Terasi Ini Tak Pernah Bikin Bosan

Bensin juga dapat memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih rendah daripada pertalite, karena dapat menempuh jarak yang lebih pendek dengan jumlah BBM yang sama dengan pertalite.

Bensin juga dapat meningkatkan pengeluaran bahan bakar, karena memiliki harga yang lebih mahal daripada pertalite. 

Bensin juga dapat memberikan dampak lingkungan yang lebih tinggi daripada pertalite, karena memiliki kandungan sulfur yang lebih tinggi, yang dapat meningkatkan polusi udara dan asam hujan, serta emisi gas buang yang berbahaya, seperti karbon monoksida, karbon dioksida, hidrokarbon, dan nitrogen oksida.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pertalite lebih bagus daripada bensin untuk kendaraan motor Anda. Hal ini karena pertalite memiliki kualitas, kinerja, efisiensi, dan dampak lingkungan yang lebih baik daripada bensin. 

Oleh karena itu, Anda dapat memilih pertalite sebagai bahan bakar minyak untuk kendaraan motor Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: