Negara Islam Sepakat Dukung Palestina, Berikut Kata Jokowi

Negara Islam Sepakat Dukung Palestina, Berikut Kata Jokowi

Negara Islam Sepakat Dukung Palestina, Berikut Kata Jokowi--

RADARMUKOMUKO.COM - Segenap negara mayorits beragama Islam yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) sepakat membela atau mendukung Palestina menjadi negara merdeka dan bardaulat. 

Dukungan negara-negara islam ini terlihat pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi.

Pangeran Arab Mohammed bin Salman (MBS) meminta pemimpin negara-negara Islam mendesak Amerika Serikat (AS) dan Israel untuk mengakhiri perang di Gaza.

"Arab mengecam dan menolak secara tegas perang biadab terhadap saudara-saudara kita di Palestina," kayaya

BACA JUGA:Daftar Produk Pro Israel Yang Haram Dibeli Setelah Keluarnya Fatwa MUI

BACA JUGA:Semakin Memanas Perang Palestina dan Israel, Inilah 7 Negara Asia yang Pro Terhadap Israel

Terus ia juga mengatakan "Bencana kemanusiaan yang membuktikan kegagalan Dewan Keamanan dan komunitas internasional untuk mengakhiri pelanggaran Israel terhadap hukum internasional," paparnya.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, kedua Presiden sepakat akan terus bekerja sama menyelesaikan masalah Gaza, terus mendukung perjuangan bangsa Palestina, termasuk dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Joko Widodo, mengeluarkan pernyataan tegas terkait dukungan Indonesia untuk Palestina dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Presiden Jokowi juga menekankan bahwa OKI harus bersatu dan berada di depan. OKI harus mendesak gencatan senjata segera dilakukan, menyuarakan dimulainya jeda kemanusiaan.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan menggunakan semua saluran untuk menyuarakan keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina, termasuk Sidang Majelis Umum PBB, Dewan HAM, dan Mahkamah Kejahatan Internasional.

Dalam pidatonyo dikutib dari kemenag.go.id, Jokowi mengingatkan agar negara-negara Islam senantiasa bersatu untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina. “Negara-negara OKI mengutuk keras penjajahan Israel atas Palestina. Penjajahan harus segera diakhiri dan kemerdekaan Palestina sepenuhnya diwujudkan,” tegas Jokowi.

Menurutnya, Palestina merupakan satu-satunya negara anggota Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 yang hingga kini belum benar-benar merdeka. Meski dinyatakan merdeka pada 1988, namun nyatanya wilayah Palestina masih diduduki Israel dan belum juga menjadi anggota PBB.

Berikut ini isi pidato lengkap Jokowi saat menutup KTT LB OKI ke-5 :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: