7 Macam Rempah Asal Indonesia Seharga Emas Yang Dicari Penjajah, Ternyata Untuk Ini

7 Macam Rempah Asal Indonesia Seharga Emas Yang Dicari Penjajah, Ternyata Untuk Ini

7 Macam Rempah Asal Indonesia Seharga Emas Yang Dicari Penjajah, Ternyata Untuk Ini--

RADARMUKOMUKO.COM - Indonesia mengalami masa kelam yaitu penjajahan yang cukup panjang, bahkan dikatakan Indonesia di jajah hingga 300 tahun lebih.

Ada beberapa negara yang pernah menjajah Indonesia dalam sejarah, yaitu Portugis, Prancis, Spanyol, Inggris, Belanda dan Jepang. 

kedatangan bangsa penjajah ini ke Indonesia, semua dikarekan untuk mendapatkan rempah-rempah yang tumbuh subur di negeri sebu pulau ini.

Rempah-rempah ini sendiri memiliki banyak manfaat bagi bangsa Eropa kala itu, bahkan harganya sama dengan harga emas.

Berikut ini beberapa jenis rempah asli Indonesia dikutib dari berbagai sumber, salah satunya indonesia.go.id:

Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah tanaman asli Indonesia yakni dari kepulauan Maluku, Ternate dan Tidore. Bahkan cengkeh sempat menjadi rempah yang paling mahal di Eropa yakni di masa awal ekspansi Portugis ke Maluku. 

BACA JUGA:Tips Menggoreng Singkong Agar Empuk dan Merekah, Disantap Bersama Segelas Kopi Bikin Tamu Betah

BACA JUGA:AFM Harapkan Dukungan Masyarakat Menuju Liga AAFI Nasional 2023

Cengkeh tersebar di daerah Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Selatan, dan DI Yogyakarta.

Kayu Manis

Rempah yang memiliki aroma harum dan rasanya yang khas membuat kayu manis biasa digunakan sebagai pelengkap pada kue atau pada minuman. 

Selain itu, kayu manis juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Daerah persebarannya banyak terdapat di Jambi, Sumatra Barat, dan DI Yogyakarta. Pada 2016, nilai ekspornya berada di urutan kedua di bawah lada dengan nilai USD44,8 juta.

Pala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: