7 Macam Rempah Asal Indonesia Seharga Emas Yang Dicari Penjajah, Ternyata Untuk Ini

7 Macam Rempah Asal Indonesia Seharga Emas Yang Dicari Penjajah, Ternyata Untuk Ini

7 Macam Rempah Asal Indonesia Seharga Emas Yang Dicari Penjajah, Ternyata Untuk Ini--

Buah pala, selain berfungsi sebagai rempah-rempah, pala juga menjadi komoditas penghasil minyak atsiri. Adaun pala merupakan tanaman khas Banda dan Maluku.

Pala banyak tersebar di Bengkulu, Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. 

Vanili

Rempah vanili bukan tanaman khas Indonesia, namun berasal dari Meksiko. Akan tetapi di Indonesia sudah banyak dibudidayakan terutama di daerah Jawa Timur, Lampung, NTT, Jawa Tengah, Jawa Tengah, dan D.I. Yogyakarta. 

Lada

Tanaman Lada atau Piper Nigrum Linn, salah satu yang banyak diminati bangsa Eropa di Indoensia. Lada merupakan rempah-rempah berbentuk bulat-bulat kecil dan keras. Lada bisa dikeringkan hingga tahan sangat lama atau juga bisa ditumbuk untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Lada sebenarnya berasal dari daerah Ghat Barat, India. Menurut para ahli sejarah, diperkirakan pada 110-600 SM koloni Hindu yang datang ke Jawa membawa bibit lada. 

BACA JUGA:Prospek Cuaca Maritim November, Bengkulu dan Sumbar Waspada Hujan Serta Gelombang Tinggi

BACA JUGA:Segudang Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Di indonesia, lada banyak tersebar di DI Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timu, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, dan DI Yogyakarta. 

Jahe

Jahe juga salah satu komoditas rempah unggulan Indonesia. Jahe memiliki khasiat bagi kesehatan terutama digunakan sebagai bahan obat herbal. Tanaman ini tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Kunyit

Tanaman ini memiliki sejarah sebagai tanaman untuk pemakaian obat. Di Asia Tenggara, kunyit tidak hanya digunakan untuk bumbu utama tetapi juga sebagai komponen upacara religius.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: