Desa Wisata Pantai Batu Kumbang Masuk Nominasi 10 Besar Tingkat Provinsi Bengkulu

Desa Wisata Pantai Batu Kumbang Masuk Nominasi 10 Besar Tingkat Provinsi Bengkulu

Desa Wisata Pantai Batu Kumbang Masuk Nominasi 10 Besar Tingkat Provinsi Bengkulu--

BENGKULU, RADARMUKOMUKO.COMDesa Wisata Pantai Batu Kumbang Pulau Baru, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko masuk nominasi 10 besar di lomba Desa Wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2023.

Hari ini, Kades Pulau Baru dan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pulau Baru, Ajrun diundang hadir di Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu untuk memaparkan semua potensi Desa Wisata Batu Kumbang di hadapan dewan juri. 

‘’Hari ini, presentasi potensi-potensi wisata dari masing-masing daerah yang masuk nominasi 10 besar Lomba Desa Wisata tingkat Provinsi Bengkulu. Dari Kabupaten Mukomuko, desa wisata Pantai Batu Kumbang Pulau Baru,’’ ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Mukomuko, Juni Kurnia Diana, SAP melalui Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Rizkan, SE pada Selasa, 31 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Johannes Cornelis Princen, Tentara Belanda Yang Akhirnya Berjuang Membela Indonesia

BACA JUGA:Ruas Mandi Angin – Pondok Baru Program DAK 2023 Tuntas, Kades Supratman: Terima Kasih Pemkab Mukomuko

Presentasi Desa Wisata oleh Kades Pulau Baru dan Ketua Pokdarwis ini dinilai langsung oleh 5 orang dewan juri Lomba Desa Wisata tingkat Provinsi Bengkulu. Masing-masingnya, Dr. Drs. Panji suminar, MA, Drs. Syamsul Hidayat, ST.,M.M Kabid program LHK, Satria Pinandita, S.ST Kabid PMD, Dr. Titi Darrmi, M.Si Wakil Ketua Umum ASIDEWI Provinsi Bengkulu dan Gilang Fadhilah, Konsultan Perencanaan Direktorat Tata Kelola Kemenparekraf.

Dijelaskan Rizkan, dalam presentasi mengenai desa wisata ini, Kabupaten Mukomuko lebih mengedepankan sektor ekowisata dan seni budaya daerah, dalam hal ini Rari Gandai. 

‘’Pemaparan ini lebih kepada pengembangan dan potensi ekowisatanya. Di Pantai Batu Kumbang, ada penangkaran penyu dan lainnya. Kemudian juga dari sisi seni budayanya, yang lebih difokuskan kepada seni tari tradisi yaitu Tari Gandai,’’ imbuhnya. 

Usai presentasi desa wisata, akan dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke lapangan. Sesuai yang telah dijadwalkan, peninjauan lapangan oleh dewan juri ini bakal dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 November mendatang. 

‘’Setelah presentasi ini, kembali diagendakan untuk peninjauan langsung ke lapangan oleh dewan juri,’’ ujarnya. 

BACA JUGA:Jalan Inpres Mukomuko Optimis Tuntas, Ini Perkembangan Terbarunya

BACA JUGA:PWM Bengkulu Kukuhkan Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Mukomuko, Dihadiri Gubernur Bengkulu

Perlu disampaikan juga, Pantai Batu Kumbang yang merupakan Desa Wisata dari Kabupaten Mukomuko masuk nominasi 300 besar dalam penilaian Anugerah Desa Wisata (Adwi) tingkat nasional tahun 2023, dari 5743 peserta.

Di Provinsi Bengkulu, kata Rizkan, terdapat 7 desa yang masuk dalam nominasi penilaian Adwi Nasional. Salah satunya, telah masuk nominasi 75 besar nasional, yaitu Batu Ampar, Kabupaten Kepahiang. Desa wisata yang telah masuk nominasi 75 besar nasional ini tidak dibenarkan lagi mengikuti lomba Desa Wisata tingkat provinsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: