Jangan Beli, Bikin Aja! Ini Dia Cara Membuat Tahu Oncom Sendiri di Rumah dengan Bahan-Bahan Sederhana!

Jangan Beli, Bikin Aja! Ini Dia Cara Membuat Tahu Oncom Sendiri di Rumah dengan Bahan-Bahan Sederhana!

Jangan Beli, Bikin Aja! Ini Dia Cara Membuat Tahu Oncom Sendiri di Rumah dengan Bahan-Bahan Sederhana!--

RADARMUKOMUKO.COM - Tahu oncom adalah salah satu olahan tahu yang populer di Jawa Barat. Tahu oncom terbuat dari tahu yang diisi dengan oncom, yaitu makanan fermentasi dari bungkil kedelai atau kacang tanah. 

Tahu oncom biasanya digoreng atau dibakar, lalu disajikan dengan sambal dan lalapan. Tahu oncom memiliki rasa yang gurih, asam, dan pedas, serta tekstur yang kenyal dan renyah.

BACA JUGA:Cara Merebus Kacang Hijau Agar Gembur Bulat Tidak Pecah, Cuma Direndam dan Kasih Bumbu Dapur Ini Sedikit

BACA JUGA:Cara Merebus Jagung Agar Masak Merata, Empuk dan Rasanya Manis

Cara membuat tahu oncom sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya membutuhkan bahan-bahan seperti tahu putih, oncom merah, tepung beras, bawang putih, garam, dan minyak goreng. Anda juga membutuhkan alat-alat seperti pisau, sendok, mangkuk, talenan, wajan, dan kompor. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat tahu oncom yang gurih dan nikmat :

1.  Siapkan tahu putih yang masih segar dan padat. Potong-potong tahu menjadi bentuk kotak-kotak dengan ukuran sekitar 5 x 5 cm. Buat lubang di tengah-tengah tahu dengan menggunakan pisau atau sendok. Jangan sampai menembus bagian bawah atau samping tahu. Sisihkan.

2.  Siapkan oncom merah yang sudah matang dan bersih. Oncom merah bisa dibeli di pasar tradisional atau supermarket. Oncom merah adalah hasil fermentasi dari bungkil kedelai yang ditumbuhi oleh jamur Neurospora sitophila. Oncom merah memiliki warna oranye kemerahan dan rasa asam yang khas.

3.  Hancurkan oncom merah dengan menggunakan sendok atau tangan. Masukkan oncom merah ke dalam mangkuk dan tambahkan sedikit air. Aduk rata sampai menjadi adonan yang lembut dan basah. Jika suka, Anda bisa menambahkan bawang putih cincang, garam, atau bumbu lain sesuai selera.

4.  Isi lubang tahu dengan adonan oncom merah. Gunakan sendok atau tangan untuk memasukkan adonan ke dalam lubang tahu. Tekan-tekan adonan agar padat dan rapi. Jangan terlalu banyak mengisi adonan agar tidak meluber saat digoreng atau dibakar.

5.  Balur permukaan tahu dengan tepung beras. Tepung beras berfungsi untuk membuat lapisan renyah pada tahu saat digoreng atau dibakar. Tepung beras juga bisa membantu mengikat adonan oncom agar tidak lepas dari tahu. Taburkan tepung beras ke atas talenan dan letakkan tahu di atasnya. Balik-balik tahu sampai seluruh permukaannya tertutup tepung beras.

6.  Goreng atau bakar tahu sampai matang dan berwarna kecokelatan. Anda bisa memilih cara memasak sesuai selera. Jika Anda ingin menggoreng, panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang. Goreng tahu sampai matang dan berwarna kecokelatan di kedua sisinya. Angkat dan tiriskan minyaknya.

7.  Jika Anda ingin membakar, panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 10 menit. Letakkan tahu di atas loyang yang sudah diolesi minyak goreng tipis-tipis. Bakar tahu selama 15-20 menit atau sampai matang dan berwarna kecokelatan di kedua sisinya.

8.  Sajikan tahu oncom dengan sambal dan lalapan sesuai selera. Anda bisa membuat sambal dari cabai merah, cabai rawit, bawang putih, garam, gula, dan air asam jawa. Anda juga bisa menyiapkan lalapan dari daun kemangi, daun selada, tomat, mentimun, atau sayuran lainnya. Nikmati tahu oncom yang gurih dan nikmat bersama keluarga atau teman-teman.

BACA JUGA:Dewan Kecewa Kadis Banyak DL, Pembahasan APBD Terkendala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: