Pemkab Mukomuko Tinjau Pendangkalan Muara Dampak El Nino, Hambat Aktivitas Pelaku Usaha Perikanan

Pemkab Mukomuko Tinjau Pendangkalan Muara Dampak El Nino, Hambat Aktivitas Pelaku Usaha Perikanan

Pemkab Mukomuko Tinjau Pendangkalan Muara Dampak El Nino, Hambat Aktivitas Pelaku Usaha Perikanan--

MUKOMUKO, RADARMUKOMUKO.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MUKOMUKO, melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melakukan peninjauan kawasan pendangkalan muara yang berdampak pada aktivitas pelaku usaha perikanan di Desa Pasar Bantal, Kecamatan Teramang Jaya pada Selasa, 17 Oktober 2023. 

Peninjauan ini berangkat dari keluhan para pelaku usaha perikanan setempat. Mereka tak bisa melakukan aktivitas melaut lantaran pendangkalan muara. 

‘’Menindaklanjuti keluhan masyarakat nelayan, kami telah turun ke lapangan untuk meninjau langsung. Peninjauan ini untuk mencari solusi, bagaimana pendangkalan ini dapat teratasi,’’ kata Kepala Dinas PUPR Mukomuko, Apriansyah, ST., MT melalui Kabid SDA, Bambang Budi Antoni, ST kepada radarmukomuko.com., Rabu, 18 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Mukomuko Usulkan Meriam Peninggalan Masa Kolonial Inggris jadi Benda Cagar Budaya

BACA JUGA:Berkarier dari Nol di Pertanian, Alumni Unib Ini Dipercaya Jabat Plt Kepala Dinas Pertanian Mukomuko

Pendangkalan kawasan muara ini bagian dari dampak peristiwa El Nino. Di masa kekeringan ini mengakibat debit air sungai di kawasan muara berkurang, sehingga sebagian besar armada kapal nelayan tak bisa keluar dari tempat persandaran. Kejadian pendangkalan dialami nelayan setempat lebih sebulan terakhir.  

Pendangkalan muara ini tidak hanya berdampak para nelayan, akan tetapi juga bagi pelaku usaha perikanan lainnya. 

‘’Ini kan akibat faktor alam, mestinya ada penanganan segera dari pemerintah. Bagian pendangkalan bisa dikeruk, setidaknya pengerukan khusus untuk jalur kapal nelayan. Sehingga mereka para nelayan bisa kembali beraktivitas seperti sedianya,’’ ungkap warga, Khairum. 

Dikatakan Khairum, ketika nelayan tak bisa beraktivitas menangkap ikan dilaut, banyak sumber ekonomi masyarakat lainnya terdampak. Seperti halnya pelaku usaha jual beli ikan hasil tangkapan, pelaku usaha ikan asin dan lainnya. 

BACA JUGA:M. Rizon Jabat Eselon II Provinsi, Bupati Segera Tetapkan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Mukomuko

‘’Ada sumber ekonomi berantai dari aktivitas nelayan. Logikanya, nelayan tak bergerak, pelaku usaha jual beli ikan, tukang asinan, sampai kepada penjual es balok ikut terimbas. Mangkanya, peristiwa pendangkalan ini bagian penting untuk disikapi pemerintah,’’ paparnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: