Lahan Pertanian Kecil Dibandingkan Indonesia, Tapi Thailand Ekspor Beras, Sebaliknya Indonesia Masih Impor

Lahan Pertanian Kecil Dibandingkan Indonesia, Tapi Thailand Ekspor Beras, Sebaliknya Indonesia Masih Impor

Lahan Pertanian Kecil Dibandingkan Indonesia, Tapi Thailand Ekspor Beras, Sebaliknya Indonesia Masih Impor--

RADARMUKOMUKO.COM - Negara Thailand Salah satu negara agraris yang menjadikan pertanian sebagai salah satu sektor utama dalam pembangunannya. 

Negeri Gajah Putih yang dipimpin oleh seorang  Raja  yang mampu memajukan sektor pertanian di negaranya hingga surplus dan bisa ekrpor beras ke negara lain termasuk Indonesia.

Menurut institute for development of Economix sektor  pertanian Negara Indonesia jauh tertinggal dari sektor pertanian  negataThailand , mereka jauh lebih unggul dibandingkan dengan negara kita. 

Sedang potensi luas lahan yang dimiliki  oleh negara Tayland itu sangat kecil sekali jika  dibandingkan dengan lahan di negara Indonesia.

BACA JUGA:Inova Diesel Mangkin Diburu Harganya Semakin Lari Hampir Setara Harga Fortuner Tahun 2013, Ternyata Ini Faktor

BACA JUGA:Pengen Beli Mobil Baru, Daihatsu New Terios Solusinya, Ini Harga Terbaru 2023

Catat, mengapa  pertanian Thailand lebih maju dibandingkan Indonesia  berikut ulasannya :

•  Pemerintah Thailand memiliki komitmen yang tinggi untuk mengembangkan sektor pertaniannya, oleh sebab itu negara Thailand mampu menguasai dan merajai pasar beras di dunia.

•  Selain itu stake holder yang ada di Thailand juga bekerjasama untuk mencapainya, agar visi dan misi yang telah ditetapkan oleh pemerintah ditepati.

•  Komoditas pertanian di Thailand cukup banyak,  dari pangan Hortikultura, Perkebunan.

•   Tanaman Padi merupakan salah satu tanaman yang cukup khas dari Thailand, karena padi sawah sangat melimpah di sana bahkan mengalami Sur plus. 

Selain itu, untuk buah-buahan di Thailand juga tidak kalah, maka dari itu jika dibandingkan dengan Indonesia jumlah penduduk Thailandpun   jauh lebih sedikit sekitar 70 juta Jiwa yang kemungkinan mudah untuk di atur.

Sejarahnya pemerintah Thailand pernah dikudeta oleh rakyatnya sendiri  karena dianggap tidak berhasil dalam mengurus sektor pertanian.

Karea pertanian menjadi Primadona di negeri gajah putih tersebut bukan berarti tidak ada dilema.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: