Sosok Tentara 'Oppa' Korea Yang Ikut Berjuag Untuk Bangsa Indonesia, Jasanya Sebesar Ini

Sosok Tentara 'Oppa' Korea Yang Ikut Berjuag Untuk Bangsa Indonesia, Jasanya Sebesar Ini

Sosok Tentara 'Oppa' Korea Yang Ikut Berjuag Untuk Bangsa Indonesia, Jasanya Sebesar Ini--

Ketiga tentara gerilya itu bersembunyi tetapi tertangkap karena informasi dari mata-mata. Komarudin, Abubakar, Usman, dan seorang pejuang Indonesia yang bernama Djoehana tertangkap di Gunung Dora.

Pada tanggal 10 Agustus 1949, Komarudin, Abubakar, dan Usman dieksekusi di Kerkhoff, Garut. Sementara itu, Djoehana mendapat hukuman penjara seumur hidup di LP Cipinang.

Mereka dimakamkan di TPU Pasir Pogor, lalu tahun 1975 dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan Tenjolaya, Garut. Komarudin gugur dan meninggalkan seorang anak laki-laki.

Saat ini, nama Yang Chil Sung terukir di sebuah nisan di Taman Makam Pahlawan Tenjolaya.

Dirujuk dari melansir laman world.kbs.co.kr, pemerintah Korea Selatan sudah mengganti batu nisan Yang Chil Sung, dan dilakukan upacara pemakaman militer ala Korea Selatan.

Pemerintah Korea Selatan mengetahui salah satu warganya ada di Indonesia karena laporan dari kelompok sipil Korsel. 

Setelah dilakukan investigasi mendalam, mereka yakin bahwa Yang Chil Sung Merupakan warga Korea Selatan yang menjadi Gun Sok atau tentara bantuan Jepang namun tak bisa kembali ke negaranya.

Juga melansir dari berbagai sumber, seperti pramborsfm.com, film berjudul Tanah Air Kedua yang dibintangi oleh Maudy Ayunda dan Kim Bum ramai dibicarakan. Disebutkan, film ini mengangkat cerita perjuangan pemuda Korea yang membela masyarakat Indonesia di Garut selama perang Dunia II.

Film yang direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Garut tersebut akan mengangkat kisah dari Yang Chil Sung, atau Yang Chil Seong alias Komarudin ke layar lebar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: