10 Senjata Andalan Pahlawan Indonesia Melawan Penjajah, Bahkan Beberapa Diantaranya Dikenal Sakti

10 Senjata Andalan Pahlawan Indonesia Melawan Penjajah, Bahkan Beberapa Diantaranya Dikenal Sakti

10 Senjata Andalan Pahlawan Indonesia Melawan Penjajah, Bahkan Beberapa Diantaranya Dikenal Sakti--

RADARMUKOMUKO.COM - Bangsa Indonesia menjadi negara merdeka, adalah buah dari perjuangan para pejuang atau pahlawan yang berhasil mengusir penjajah. Bermodal doa dan semangat para pedahulu bangsa tak takut mati, demi membebaskan negeri dari cengkraman penjajah yang terus menyensarakan rakyat dan menguras harta bangsa.

Semua tentu tidak mudah, karena senjata yang digunakan pejuang hanya berupa senjata tradisional, sementara kaum penjajah datang dengan persiapan matang, terutama dilengkapi senjata canggih di zamannya.

BACA JUGA:8 Benteng Peninggalan Penjajah Belanda, Diantaranya Terkenal Angker Kerap Ada Penampakan Sosok Gaib

BACA JUGA:Perlawanan Suku Melayu di Rempang Dari Dulu dan Kini Kisah Penuh Semangat Melawan Penjajah

Walau senjata tradisional jangan salah, beberapa senjata pehlawan bangsa cukup ditakuti penjajah, karena kabarnya juga memiliki kesaktian.

Berikut ini beberapa senjata pahlawan yang paling dikenal dan ditakti penjajah:

Rencong

Rencong merupakan senjata khas Aceh. Rencong mirip dengan pisau, perbedaan mencoloknya pada gagangnya yang unik.  Senjata saat berada di tangan perjuang, sangat membantu perjuangan mengusir penjajah. Bahkan banyak yang meyakini Rencong yang digunakan para pahlawan dari Aceh dulunya memiliki kesaktian. 

Sampai sekarang Rencong masih dipakai untuk melindungi diri. Bahlan juga ada yang menjadikannya pusaka atau jimat keselamatan.

Keris

Keris menjadi salah satu andalan, banyak digunakan pahlawan Indonesia, seperti Pangeran Diponegoro dan lainnya. Bahkan banyak selitingan mengatakan bahwa keris yang dibawa para pahlawan ini memiliki mukjizat tersendiri yang ampuh melawan penjajah dan untuk melindungi diri. 

Hingga saat ini, Keris masih banyak digunakan masyarakat Indonesia. Walaupun kerap dikaitkan dengan kegiatan berbau mistis, senjata tradisional yang berasal dari Jawa ini telah banyak membantu pahlawan menghadapi penjajah.

Keris sebetulnya juga senjata dari berbagai daerah lainnya, walau sebutan dan kadang ukurannya berbeda-beda.

Golok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: