8 Benteng Peninggalan Penjajah Belanda, Diantaranya Terkenal Angker Kerap Ada Penampakan Sosok Gaib

8 Benteng Peninggalan Penjajah Belanda, Diantaranya Terkenal Angker Kerap Ada Penampakan Sosok Gaib

Benteng Vastenburg salahsatu benteng peninggalan penjajah Belanda yang dikenal angker--

RADARMUKOMUKO.COM - Belanda menduduki Indonesia hingga 300 tahun lamanya, tentu bukan waktu yang singkat, setidaknya terjadi empat pergantian generasi masyarakat maupun tentara yang menjajah.

Makan tak heran, sangat banyak bangunan peninggalan penjajah Belanda di Indonesia, baik dibangun oleh Hindia Belanda maupun dikerjakan lewat kerja paksa masyarakat Indonesia.

Tak mungkin dirinci satu persatu apa saja bangunan peninggalan Belanda tersebut, karena sangat banyak, baik berupa jalan, bangunan rumah, bandara maupun infrastruktur lainnya.

Salah satu peninggalan Belanda yang cukup dikenal dan banyak tercatat dalam sejarah penjajahan adalah berupa Benteng pertanahan yang dimiliki Belanda dalam menghadapi serang musuh, terutama dari pejuang bumiputra.

BACA JUGA:Ada Kesan Tersendiri Jika Mengisap Rokok Kretek, Ternyata Kebiasaan Belanda Dari Abat 17

BACA JUGA:Dampingi Soekarno Hingga Hembus Napas Terakhir, Hartini Sosok Istri Lambang Perempuan Jawa Yang Setia

Beberapa benteng ini sampai sekarang masih berdiri kokoh dan bahkan menjadi tempat wisata sejarah yang banyak dikunjungi.

Yang menariknya lagi, ada beberapa benteng yang bukan saja bangunannya yang dikenal, tapi juga ada cerita misteri, bahkan disebut sering ada penampakan. 

Berikut beberapa benteng peninggalan Belanda di Indonesia yang cukup dikenal:

1. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck di Gombong, Kabupaten Kebumen, dibangun pada masa perang Pangeran Diponegoro. Bangunan benteng terbuat dari batu bata.

Setelah merdeka, Benteng sempat dipakai TNI Angkatan Darat. Namun, sejak tahun 2000 benteng Van der Wijck telah dikembangkan sebagai destinasi wisata dengan berbagai fasilitas.

Benteng Van Der Wijck menjadi salah satu bangunan peninggalan Belanda yang dikenal angker, diceritakan banyak warga yang sering mendengar suara derap kaki tentara Belanda saat malam tiba.

2. Benteng Van den Bosch

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: