Pemicu Perang Kendondong Rakyat Cirbon, Belanda Usir Raja Kanoman dari Keraton Ke Sini

Pemicu Perang Kendondong Rakyat Cirbon, Belanda Usir Raja Kanoman dari Keraton Ke Sini

Pemicu Perang Kendondong Rakyat Cirbon, Belanda Usir Raja Kanoman dari Keraton Ke Sini-Ilustrasi-

Para pemimpin akan mengajak para petinggi daerah untuk bersedia berpartisipasi dalam gerakan perlawanan ini dan pada saat para petinggi daerah tersebut telah bersedia bergabung maka ia akan mengajak seluruh rakyatnya.

Perlawanan diawali dengan mengganggu stabilitas keamanan daerah. Sejak tahun 1802, berbagai perlawanan rakyat yang berupa kekacauan terjadi di wilayah Cirebon.

Kekacauan ini dilakukan rakyat Cirebon dengan bertujuan untuk memperlihatkan bahwa rakyat Cirebon memiliki kekuatan dan keberanian untuk menentang penjajah.

Perlawanan rakyat Cirebon ini berpuncak pada tanggal 10 November 1945, ketika pasukan Sekutu melancarkan serangan besar-besaran terhadap Cirebon.

Serangan ini dikenal sebagai Pertempuran Medan Area atau Battle of Surabaya, pertempuran ini berlangsung selama tiga minggu dengan korban jiwa dari kedua belah pihak.

Pertempuran Medan Area ini menjadi salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia. Pertempuran ini juga menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Atas pengorbanan dan keberanian para pahlawan di Pertempuran Medan Area, maka tiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.*

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: