Semua Harus Ada Ilmu Termasuk Menanam Kopi Agar Mendapat Hasil Maksimal, Terutama Jenis Tanah dan PHnya

Semua Harus Ada Ilmu Termasuk Menanam Kopi Agar Mendapat Hasil Maksimal, Terutama Jenis Tanah dan PHnya

Semua Harus Ada Ilmu Termasuk Menanam Kopi Agar Mendapat Hasil Maksimal, Terutama Jenis Tanah dan PHnya--

RADARMUKOMUKO.COM - Kopi merupakan tanaman yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, terutama karena dapat diolah menjadi minuman yang lezat.

Kopi sangat di pengaruhi oleh iklim karena penyerbukan yang terjadi antara bunga kopi yang berbeda klon atau berbeda jenis.

Akan tetapi bila angin kencang dapat merusak tajuk tanaman dan menggugurkan bunga.

Tanaman kopi dapat tumbuh baik pada daerah yang terletak di antara 20 derajat LU dan 20 derajat S. Tanaman kopi menghendaki sinar matahari yang teratur.

Tanaman kopi menghendaki tanah yang lapisan atasnya dalam (± 1,5 m) dan gembur, subur, banyak mengandung humus dan bersifat permeable.

BACA JUGA:Pesta Rakyat Simpedes: Kerap Ikut Pameran BRI, UMKM Kripik ‘So Kressh’ Punya Ribuan Re-Seller

BACA JUGA:Kisah Alexander Hare, Petualang Yang Gemar Koleksi Budak Wanita, Hingga 200 Gadis Dijadikan Gundik

Tanah dapat berasal dari abu gunung berapi cukup mengandung pasir.

Kopi menghendaki tanah yang agak masam, yaitu antara pH 4,5-4,6 untuk kopi Robusta dan 5-6,5 untuk Arabika. Tanah yang lebih asam dapat dinetralisir dengan kapur tohor/pupuk.

Dalam budidaya kopi perlunya adanya perawatan. Bentuk perawatan ini dimulai dari penyiangan, pemangkasan, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit. Perawatan kopi yang tepat akan berbanding lurus terhadap keberhasilan.

Berikut cara merawat tanaman kopi :

1. Proses penyiangan

Penyiangan bertujuan untuk membersihkan kebun kopi dari tanaman-tanaman pengganggu. Gunakan sabit untuk menyiangi rumput-rumput yang tumbuh di sekitar tanaman kopi.

Bersihkan sampah seperti daun dan ranting karena dapat menjadi sarang hama dan penyakit. Disarankan untuk menggemburkan tanah sekalian setelah proses penyiangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: