Bakal Calon Presiden Anies Baswedan Ternyata Cucu dari Pahlawan Nasional Abdurahman Baswedan

Bakal Calon Presiden Anies Baswedan Ternyata Cucu dari Pahlawan Nasional Abdurahman Baswedan

Anies Baswedan cucu dari pahlalwan nasional AR Baswedan-dokumen,net-Radar Mukomuko

RADARMUKOMUKO.COM - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpasangan dengan Cak Imin diusung oleh Partai Nasdem dan PKB termasuk kemungkinan PKS, untuk menjadi bakal calon presiden Indonesia pada Pilpres dan Pileg serentak 2024 nanti.

Selain Anies, sosok Novel Baswedan dikenal sebagai mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tangguh juga adalah cucu dari A.R. Baswedan. 

AR Baswedan memiliki dua anak lelaki yaitu Rasyid Baswedan dan Salim Baswedan. Rasyid merupakan ayah Anies Baswedan, sementara Salim merupakan ayah dari Novel Baswedan.

Melansir dari wikipedia, H. Abdurrahman Baswedan atau populer dengan nama A.R. Baswedan semasa hidupnya, dia dikenal sebagai seorang jurnalis, diplomat. 

BACA JUGA:3 Daerah Yang Tak Pernah Dijajah, Ternyata Ini Alasan Nyali Penjajah Pertugis Hingga Belanda Ciut

BACA JUGA:Kata Soekarno Terkait 670 Pelacur Kesayangannya, Strategi Jitu Demi Perjuangan Bangsa Indonesia

Kakek Anies Baswedan ini juga pernah menjadi Wakil Menteri Muda Penerangan RI pada Kabinet Sjahrir, Anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), Anggota Parlemen, dan Anggota Dewan Konstituante. 

Bahkan A.R. Baswedan disebut salah satu diplomat pertama Indonesia dan berhasil mendapatkan pengakuan de jure dan de facto pertama bagi eksistensi Republik Indonesia dari Mesir.

Harian Matahari Semarang memuat tulisan Baswedan tentang orang-orang Arab, 1 Agustus 1934. A.R. Baswedan memang peranakan Arab, walau lidahnya pekat bahasa Jawa Surabaya saat berbicara. 

Dalam artikel itu terpampang foto Baswedan mengenakan surjan dan blangkon. Ia menyerukan kepada orang-orang keturunan Arab agar bersatu membantu perjuangan Indonesia.

Ia mengajak keturunan Arab, seperti dirinya sendiri, menganut asas kewarganegaraan ius soli, di mana saya lahir, di situlah tanah airku.

Pada titik inilah dia menjalani perubahan haluan yang sangat besar bagi pribadi, dan pada akhirnya menggerakkan perjalanan Indonesia.

BACA JUGA:Pinjol BRI Pinang Modal KTP, Bisa Ajukan Rp 500.000 Hingga Rp 25.000.000, 15 Menit Langsung Cair

BACA JUGA:Pinjaman Untuk Modal Usaha KUR BSI Rp 50 Juta Hingga Rp 500 Juta, Berikut Syarat dan Ketentuannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: