Tak Hanya Menawarkan Pesona, Wisata Pantai di Indonesia Juga Menyimpan Cerita Mistis, Ini Alasan dan Sebabnya!

Tak Hanya Menawarkan Pesona, Wisata Pantai di Indonesia Juga Menyimpan Cerita Mistis, Ini Alasan dan Sebabnya!

Tak Hanya Menawarkan Pesona, Wisata Pantai di Indonesia Juga Menyimpan Cerita Mistis, Ini Alasan dan Sebabnya!--

RADARMUKOMUKO.COM - Indonesia, sebagai negara kepulauan, memiliki banyak wisata pantai yang menawarkan keindahan alam dan pesona laut.

Namun, tidak semua pantai di Indonesia hanya menyuguhkan pemandangan yang memukau. 

Beberapa pantai di Indonesia juga menyimpan cerita-cerita mistis yang membuat bulu kuduk merinding.

Apa sebenarnya penyebab banyak wisata pantai memiliki beragam cerita mistis? Berikut ini adalah penjelasannya!

Salah satu faktor yang membuat banyak wisata pantai memiliki cerita mistis adalah faktor geografis. Sebagian besar pantai di Indonesia terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, yang dikenal sebagai wilayah yang angker dan berbahaya.

Hal ini dikarenakan pesisir selatan Pulau Jawa berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, yang memiliki ombak yang besar, ganas, dan tak terduga.

Banyak kejadian tenggelamnya kapal, hilangnya nelayan, atau terbawanya wisatawan oleh ombak di pesisir selatan Pulau Jawa.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Tempat Wisata, Inilah Wisata di Sumatera Barat yang Berasal dari Legenda

BACA JUGA:Jangan Sebut Datang Kesini, Sebelum Mencoba 5 Wisata Surganya Bali Cantik dan Menegangkan

Hal ini kemudian melahirkan cerita-cerita mistis tentang adanya makhluk-makhluk gaib yang menguasai laut selatan, seperti Nyi Roro Kidul, Dewi Sri Wulan, atau Kanjeng Ratu Kidul.

Faktor lain yang membuat banyak wisata pantai memiliki cerita mistis adalah faktor budaya. Masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, memiliki kepercayaan dan tradisi yang berkaitan dengan hal-hal mistis. Mereka percaya bahwa ada roh-roh halus yang menghuni alam semesta, termasuk laut.

Mereka juga percaya bahwa ada aturan-aturan atau pantangan-pantangan yang harus diikuti saat berhubungan dengan laut, seperti tidak boleh memakai pakaian berwarna hijau, tidak boleh memasuki area pura atau tempat suci saat haid, tidak boleh menginjak atau melewati sesajen, atau tidak boleh bersiul ke arah laut.

Jika aturan-aturan atau pantangan-pantangan ini dilanggar, maka akan menimbulkan kemarahan atau kesialan dari roh-roh halus tersebut.

Faktor terakhir yang membuat banyak wisata pantai memiliki cerita mistis adalah faktor psikologis. Manusia memiliki naluri untuk mencari penjelasan atau makna dari segala hal yang terjadi di sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: