Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun Ternyata Mitos, Begini Fakta dan Penjelasannya

Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun Ternyata Mitos, Begini Fakta dan Penjelasannya

Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun Ternyat Mitos, Begini Fakta dan Penjelasannya--

Setelah VOC diganti sistemnya, Belanda kemudian berencana mendatangkan pemerintahannya ke Indonesia, tetapi mereka tak bisa melaksanakan niatnya tersebut karena saat itu Belanda sedang dijajah Perancis, sehingga mereka tak bisa ke Indonesia.

BACA JUGA:Kisah Meninggalnya Pelacur Kelas Atas Berwajah Blasteran, Menolak Menjadi Simpana Tentara Belanda

BACA JUGA:Ini Hebatnya Taktik Gerilya Walau Senjata Bambu Runcing, Bikin Belanda Bingung dan Kocar Kacir

Karena Belanda dijajah Perancis, maka yang datang kemudian ke Nusantara adalah Perancis. Saat itu yang diperintahkan datang adalah Herman Willem Daendels. 

Lalu pada 1811 yang datang kemudian adalah Inggris dengan diwakili oleh Thomas Stamford Raffles.

Namun kekuasaan dua orang itu hanya di pulau Jawa saja, itupun tidak semua daerah pulau Jawa, dan daerah-daerah  luar Jawa yang sebelumnya dikuasai Belanda.

Barulah pada 1816 wilayah Indonesia dikembalikan lagi ke Belanda. Dengan kembalinya wilayah tersebut, Belanda mulai berkeinginan menguasai seluruh wilayah Indonesia, tidak hanya wilayah Jawa dan beberapa daerah luar yang sebelumnya telah dikuasai. Dimulailah invasi Belanda ke berbagai wilayah Indonesia. 

Belanda baru bisa mengalahkan Kerajaan Bali pada 1904 dan Kesultanan Aceh pada 1912, ini menandakan secara resmi Belanda menguasai seluruh Nusantara karena sudah berhasil mengalahkan seluruh kerajaan di Nusantara.

Maka dari sini, dapat disimpulkan Belanda baru bisa dinyatakan menjajah Indonesia secara keseluruhan adalah pada tahun 1912. 

Kalau dihitung-hitung dari 1912 sampai 1945, maka Belanda hanya menjajah Indonesia selama 33 tahun.

Jika diitung lebih awal lagi saat pertama kali pasukannya Cornelis de Houtman datang ke Nusantara tahun 1596, Indonesia seharusnya baru merdeka di tahun 1946, padahal Belanda sendiri menjajah kita hingga tahun 1942 saja sebelum akhirnya datang Inggris dan setelah itu Jepang yang menjajah tahun 1942 hingga 1945.

BACA JUGA:Mengapa Orang Indo Belanda Jarang Ditemukan di Indonesia, Ternyata Begini Kisah Kelamnya

BACA JUGA:Kisah Nyai Saritem dan Dasima, Dua Perempuan Cantik Kekasih Gelap Kolonial Belanda

Melansir dari beberapa sumber, Dr Sri Margana dari Jurusan Sejarah Universitas Gajah Mada dalam sebuah acara bedah seminar yang digelar Kemendikbud di Jakarta pada awal 2015 mengatakan bahwa Indonesia baru hitungan Indonesia dijajah adalah setelah VOC bangkrut dan diambil alih oleh pemerintah kolonial Belanda.

Masa VOC tahun 1602-1800 bukanlah masa kolonial tapi masa kapitalisme karena yang VOC sebagai perusahaan berusaha menguasai Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: