9 Pahlawan Nasional Yang Tak Diketahui Makamnya, Hilang Secara Misterius

9 Pahlawan Nasional Yang Tak Diketahui Makamnya, Hilang Secara Misterius

9 Pahlawan Nasional Yang Tak Diketahui Makamnya, Hilang Secara Misterius--

Tan Malaka

Nama asli Ibrahim bergelar Datuk Tan Malaka, pahlawan kelahiran Suliki, Sumatera Barat pada tanggal 2 Juni 1897 ini melanjutkan pendidikannya ke Rijks Kweekschool di Haarlem, Belanda, serta belajar paham sosialisme dan komunisme.

Di sanalah dia memulai perjuangan sebagai pelopor sayap kiri. 

Meski Tan Malaka gugur di tangan pasukan TNI di Kediri, Jawa Timur, pada tahun 1949, namun dia pun ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Pattimura

Tentu pahlawan satu ini tidak asimg, nama asli Thomas Matulessy, namun dia lebih dikenal sebagai Pattimura.

Sosoknya merupakan tokoh penentang kolonialisme Belanda di Maluku. 

BACA JUGA:Cocok Untuk Pecinta Manis, Resep Wajik Milo Gula Merah Ini Bisa Kamu Coba di Rumah

BACA JUGA:9 Pahlawan Dikenal Sakti Ditakuti Belanda, Kebal Peluru Hingga Bisa Menghilang

Dia mulai melakukan perlawanan ketika Belanda kembali datang ke Maluku pada tahun 1816 dan menjalankan kebijakan politik monopoli. 

Sepanjang tahun 1817, Pattimura dan pasukannya melakukan sejumlah pertempuran hebat, hingga akhirnya dia tertangkap dan digantung di Ambon pada tanggal 16 Desember 1817.

I Gusti Ketut Jelantik 

I Gusti Ketut Jelantik adalah pahlawan dari tanah Karangasem, Bali. Pahlawan yang memiliki peran dalam perang Jagaraga di tahun 1849 ini adalah patih Kerajaan Buleleng. 

I Gusti Ketut Jelantik dikenal sangat anti terhadap Belanda. Kala itu seluruh anggota kerajaan dan rakyatnya bertarung mempertahankan daerahnya sampai titik darah penghabisan.

Namun akhirnya ia harus mundur ke Gunung Batur, Kintamani. Luasnya daerah gunung ini membuat jasad beliau tak dapat ditemukan dan sampai saat ini tidak ada yang tahu dimana I Gusti Ketut Jelantik dimakamkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: