9 Pahlawan Nasional Yang Tak Diketahui Makamnya, Hilang Secara Misterius

9 Pahlawan Nasional Yang Tak Diketahui Makamnya, Hilang Secara Misterius

9 Pahlawan Nasional Yang Tak Diketahui Makamnya, Hilang Secara Misterius--

RADARMUKOMUKO.COM - Semangat pantang menyerah dan berani mati diterapkan oleh para leluhur bangsa ini dalam ranga mewujudkan Indonesia merdeka. Semangat ini bukan sekedar kata-kata manis, tapi benar-benar mereka buktikan di medan pertempuran melawan penjajah.

Mereka berjuang sampai titik darah terakhir dengan gugur di medan perang. Atas jasanya, beberapa pejuang ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

BACA JUGA:Martha Christina Tiahahu Pahlawan Wanita dari Maluku, Anak Piatu Besar di Medan Tempur

BACA JUGA:Lima Pahlawan Cantik Asal Aceh Yang Angkat Senjata Melawan Belanda

Bukan itu saja, lokasi makam para pahlawan juga mendapat perhatian pemerintah dan selalu diziarahi sebagai bentuk penghormatan.

Namun tahukah anda, ternyata ada beberapa pahlawan Indonesia yang tidak diketahui makamnya, karena jasadnya hilang secara misterius saat gugur dalam pertempuran.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 9 pahlawan yang tidak diketahui makamnya:

Martha Christina Tiahahu

Martha Christina Tiahahu adalah pahlawan Wanita dari Desa Abubu di Pulau Nusa Laut, Maluku. Martha ikut ambil andil dalam perang Pattimura bersama ayahnya Paulus Tiahahu dan Thomas Matulessy. 

Di usianya yang masih sangat muda, yakni 17 tahun, Martha dikenal sangat berani dan gigih melawan penjajah. Setelah ayahnya divonis tembak mati oleh Kolonial Belanda, Martha terus bergerilya di hutan. 

BACA JUGA:7 Pahlawan Indonesia Yang Sangat Berjasa, Namun Jarang Dikenal Oleh Masyarakat Indonesia

BACA JUGA:Kisah Pahlawan Wanita Panglima Perang yang Ditakuti Penjajah, Nyi Ageng Serang Keturunan Sunan Kalijaga

Namun sayang, srikandi ini juga akhirnya harus tertangkap dan diasingkan ke Pulau Jawa. Martha menemui ajalnya di atas kapal Eversten milik Belanda, dan jasadnya dibuang ke Laut Banda tanggal 2 Januari 1818. 

Hingga kini jasadnya masih belum ditemukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: