Presiden Soekarno Miliki 9 Istri dan 11 Anak, Berikut Nama dan Penjelasannya

Presiden Soekarno Miliki 9 Istri dan 11 Anak, Berikut Nama dan Penjelasannya

Presiden Soekarno Miliki 9 Istri dan 11 Anak, Berikut Nama dan Penjelasannya --

RADARMUKOMUKO.COM - Dalam masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, Presiden Ir. Soekarno harus berpindah-pindah ke berbagai tempat dengan berbagai alasan, termasuk sengaja diungsikan oleh penjajah.

Karena itu, kisah hidup sang proklamator tidak lepas dari sosok perempuan yang mendampinginya di berbagai kesempatan dan tempat. 

Mungkin yang dikenal secara luas, istri Soekarno adalah Fatmawati dan Ratna Sari Dewi. Banyak lagi wanita yang menarik perhatian Soekarno, namun dari sekian banyak, terdapat 9 wanita yang dinikahkannya. 

BACA JUGA:HUT RI ke-19 Megawati Soekarnoputri Menjadi Paskibraka, Bendera Dijahit Sang Ibu Fatmawati

Dari pernikahan ini pula, Soekarno memiliki 11 orang anak, beberapa diantaranya tentu sangat dikenal. Salah satu anak Soekarno adalah Megawati Soekarnoputri, pimpinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan juga adalah pernah menjabat presiden Indonesia, yaitu presiden kelima. 

Ada pula anak Soekarno aktif di dunia akademis, bisnis dan seni.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 9 istri dan 11 orang anak Soekarno:

1. Siti Oetari

Istri pertama Soekarno adalah Siti Oetari memiliki nama lengkap, Siti Oetari Tjokroaminoto. Siti Oetari dinikahi  Soekarno pada 1921 di Surabaya. Ketika itu, usia Siti Oetari masih 16 tahun dan Soekarno berusia 20 tahun. 

BACA JUGA:Teks Proklamasi Ditulis Tangan Soekarno dan Yang Diketik Sayuti Malik Ternyata Ada Perbedaan

Siti Oetari merupakan putri pemimpin Sarekat Islam (SI), Hos Tjokroaminoto. Soekarno juga merupakan murid Hos Tjokroaminoto dan ketika itu sedang menumpang di rumahnya.

Soekarno menikahinya bukan karena cinta, melainkan ingin meringankan beban Tjokroaminoto yang sudah dianggap seperti kakak sendiri.

Sayang, pernikahan mereka tidak bertahan lama. Saat hubungan sudah mulai renggang, Soekarno dan Oetari memutuskan untuk bercerai secara baik-baik.

2. Inggit Garnasih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: