Syarat Indonesia Merdeka Terpenuhi Setelah Diakui 8 Negara Timur Tengah, India dan Vatikan

Syarat Indonesia Merdeka Terpenuhi Setelah Diakui 8 Negara Timur Tengah, India dan Vatikan

Negara pertama akui indonesia-Radar Mumuko-istimewa radar mukomuko

India merdeka dua tahun setelah proklamasi Soekarno-Hatta. Kesamaan nasib sebagai bangsa terjajah membuat India antusias mendukung republik anyar tersebut.

RI pun diuntungkan dengan persahabatan Hatta dengan Perdana Menteri Jawaharlal Nehru, pemimpin Partai Kongres Nasional India. 

Ketika kelaparan melanda India yang saat itu sedang ditekan penguasa kolonial Inggris, Pemerintah RI menawarkan bantuan 500 ribu ton padi. Bantuan itu dikirim pada 20 Agustus 1946.

Berkat bantuan ini, India yang kemudian merdeka pada 1947 sangat aktif mendukung Indonesia di forum-forum PBB. Tak lama setelah merdeka, Hatta melawat ke Mumbai, menemui Nehru dan Mahatma Gandhi.

BACA JUGA:Membelot dari Inggris, 600 Tentara India Bela Indonesia dalam Pertempuran Surabaya

BACA JUGA:Embat Uang Majikan, ABG Asal Air Manjuto Diringkus Polisi

India kemudian menjadi penggagas resolusi bangsa-bangsa Asia-Afrika yang mengecam agresi militer Belanda ke Yogyakarta pada Desember 1948. Nehru menggelar konferensi Asia, yang berhasil mengumpulkan dukungan Pakistan, Sri Lanka, Nepal, Libanon, Suriah, serta Irak, untuk mendesak Belanda enyah dari wilayah RI

 

Negara Suriah

Suriah merupakan salah satunegara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia. Pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh Suriah secara resmi diutarakan pada 2 Juli 1947. 

Suriah juga merupakan negara anggota Liga Arab yang turut memperjuangkan persoalan agresi militer Belanda ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1947.

Sejak saat itu, hubungan bilateral Indonesia dan Suriah pun berlangsung. Namun, hubungan keduanya sempat terhenti karena krisis Suriah yang terjadi pada 2011.

 

Negara Vatikan

Kendati Belanda masih mencoba merebut kembali Indonesia di tahun 1947 lewat agresi militer, Vatikan justru menjadi negara Eropa pertama yang mengakui kedaultan Indonesia pada 6 Juli. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: