10 Suku Terbesar di Indonesia, Populasinya 5 Juta Jiwa Hingga 95 Juta Jiwa Lebih

10 Suku Terbesar di Indonesia, Populasinya 5 Juta Jiwa Hingga 95 Juta Jiwa Lebih

10 Suku Terbesar di Indonesia, Popukasinya 5 Juta Jiwa Hingga 95 Juta Jiwa Lebih--

Peringkat kedelapan Suku dengan populasi terbanyak di Indonesia diisi oleh Suku Bugis dengan jumlah 6.359.700 jiwa atau setara dengan 2,69 persen dari total penduduk di Indonesia. Tidak hanya bermukim di tempat asal Sulawesi Selatan, kini populasi Suku Bugis telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA:Penjajah Belanda Saja Babak Belur Menghadapi 4 Suku Terkuat di Indonesia Berikut Ini

Hal yang paling menarik dari Suku Bugis adalah tata cara dalam pernikahan. Suku Bugis memiliki tata cara pernikahan melalui 12 tahapan, yakni mulai dari tahap perkenalan antar keluarga, ijab kabul, ritual ketuk pintu, hingga kunjungan antar mempelai dalam hal meminta restu kepada keluarga.

9. Suku Melayu

Suku Melayu menjadi peringkat kesembilan sebagai Suku dengan populasi terbanyak di Indonesia. Jumlahnya mencapai 5.365.399 jiwa atau setara dengan 2,27 persen dari total penduduk Indonesia berdasarkan SP 2010 BPS.

BACA JUGA:9 Suku Terasing Indonesia, Betah Hidup Tradisional, Dilabel Primitif Hingga Terancam Punah

Bangsa Melayu berasal dari kelompok austronesia, yakni kelompok manusia yang berasal dari Yunan di China lalu kemudian berhijrah dalam bentuk beberapa gelombang pergerakan manusia yang akhirnya menduduki wilayah Asia Tenggara.

10. Suku asal Sumatra Selatan

Suku dengan populasi terbanyak di Indonesia dalam peringkat sepuluh besar adalah Suku asal Sumatra Selatan, yakni mencapai 5.199.581 jiwa atau setara dengan 2,16 persen total penduduk Indonesia.

Sumatra Selatan memiliki ragam Suku bangsa yang cukup beragam, yakni Suku Melayu Palembang, Suku Melayu Komering, Suku Melayu Semendo, Suku Melayu Empat Lawang, Suku Melayu Musi, Suku Melayu Banyuasin, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Tionghoa, Suku Minangkabau, dan masih banyak lagi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: