10 Suku Terbesar di Indonesia, Populasinya 5 Juta Jiwa Hingga 95 Juta Jiwa Lebih

10 Suku Terbesar di Indonesia, Populasinya 5 Juta Jiwa Hingga 95 Juta Jiwa Lebih

10 Suku Terbesar di Indonesia, Popukasinya 5 Juta Jiwa Hingga 95 Juta Jiwa Lebih--

Menurut sejarah, Suku Batak diperkirakan datang pada 3.000 tahun lalu. Peradaban Batak dimulai melalui proses perjalanan sejarah panjang sebagai ras suku Proto Melayu (Melayu Tua).

4. Suku asal Sulawesi

Suku dengan populasi terbesar keempat di Indonesia adalah Suku asal Sulawesi dengan jumlah 7.634.262 jiwa atau 3,22 persen dari total penduduk.

Suku asal Sulawesi terdiri dari beberapa Suku , yakni Suku Bugis, Suku Mandar, Suku Toraja, Suku Makassar, Suku Buton, Suku Minahasa, Suku Talaud, dan Suku Balaesang.

5. Suku Madura

Kemudian di peringkat lima besar terdapat Suku Madura dengan jumlah populasi mencapai 7.179.356 jiwa atau setara dengan 3,03 persen total penduduk Indonesia. Suku bangsa ini berasal dari Pulau Madura dan sekitarnya yang berada di wilayah Jawa Timur. Pulau Madura memiliki empat kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Suku Madura dikenal dengan kelezatan olahan sate yang sudah mendunia. Selain itu, Suku Madura juga terkenal dengan penduduknya yang memiliki ragam bahasa yang unik. Hampir serupa dengan Jawa, hanya saja kosa kata menjadi tergantung dengan siapa yang diajak bicara. Masyarakat Madura memiliki dialek kedaerahan sendiri, layaknya Mandarin.

6. Suku Betawi

Suku Betawi menjadi Suku bangsa dengan populasi terbanyak nomor enam di Indonesia dengan jumlah sebanyak 6.807.968 jiwa atau setara dengan 2,88 persen dari total penduduk Indonesia.

BACA JUGA:Sukses Laksanakan Tugas, Paskibra Diberi Reward

Suku Betawi merupakan percampuran dari beberapa Suku yang dulunya datang ke wilayah Batavia pada masa penjajahan Belanda. Suku Betawi mewarisi berbagai ragam warisan kesenian budaya. Mulai dari alat musik tanjidor, bela diri silat beksi, tarian, ondel-ondel, dan masih banyak lagi.

7. Suku Minangkabau

Suku Minangkabau asal Sumatra Barat satu ini menjadi Suku bangsa dengan populasi terbanyak di Indonesia yakni mencapai 6.462.713 jiwa atau setara 2,73 persen dari total penduduk di Indonesia.

Suku ini dikenal dengan kelezatan cita rasa setiap masakannya. Kuliner Suku Minangkabau sangat kaya dengan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah. Selain itu, masakan khas Minangkabau jarang menggunakan penyedap rasa.

8. Suku Bugis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: