Hebat, Suku Ternate Kesultanan Bermatabat Yang Dihormati Rakyat dan Disegani Penjajah

Hebat, Suku Ternate Kesultanan Bermatabat Yang Dihormati Rakyat dan Disegani Penjajah

Hebat, Suku Ternate Kesultanan Bermatabat Yang Dihormati Rakyat dan Disegani Penjajah--

RADARMUKOMUKO.COM - Suku Ternate, berasal dari pulau Ternate di wilayah utara Kepulauan Maluku. Secara genealoginya, masyarakat etnis Ternate masih berserumpun dengan masyarakat etnis Tidore, Makian, maupun Bacan.

Dilansir dari wikipedia, Pada zaman Pleistosen wilayah antar kepulauan ini masih berupa satu kesatuan pulau sebelum akhirnya masing-masing kelompok etnis melakukan migrasi ke daerah masing-masing dan proses berabad-abad tersebut membuahkan evolusi yang membentuk suatu gejala antropologi berupa terciptanya identitas etnisitas yang berlainan satu sama lain.

BACA JUGA:Pulau-Pulau Ini Ternyata Menjadi Pulau Terbaik di Dunia, Apakah Ada dari Indonesia?

Kesultanan Ternate merupakan lanjutan dari Kerajaan Gapi; namun telah memperoleh pengaruh keislaman, sehingga sistem monarkinya berubah yang mulanya berupa kerajaan kemudian mengadopsi sistem kesultanan.

Pada masa pra-Islam, etnis Ternate terbagi menjadi 4 golongan, pertama Tubo, yang mendiami kawasan puncak ataupun lereng di wilayah utara pulau Ternate. 

BACA JUGA:Sakti Pernah Kalahkan Dayak, Suku Kalang Sempat Dikucilkan, Miliki Ekor dan Begini Nasibnya Kini

Kedua Tobona, yang mendiami kawasan lereng di wilayah selatan pulau Ternate (terutama di Foramadiyahi), kelompok ini kemudian juga bermigrasi ke pulau Sulawesi dan membentuk identitas etnis berlainan yang kerap dikenali sebagai etnis Tobana yang mayoritasnya mendiami wilayah Kabupaten Luwu di Sulawesi Selatan.

Ketigam Tabanga, yang mendiami kawasan pesisir di utara pulau Ternate.

Keempat Toboleu, yang mendiami kawasan pesisir timur pulau Ternate, kelompok ini juga kemudian menyatakan diri sebagai kelompok etnis tersendiri yang pada masa kini lebih dikenali sebagai etnis Tobelo.

BACA JUGA:Suku Penghuni Pulau Yang Dilarang Dikunjungi, Dikenal Ganas Memanah Siapapun Yang Mendekat

Sejak dulu Ternate sudah menjadi sebuah Kesultanan yang terpandang dan memiliki martabat tinggi baik di mata rakyat Ternate maupun di mata Negara-negara lain, termasuk para penjajah seperti Portugis, Spanyol, maupun Belanda.

Kesultanan Ternate tidak hanya terhormat karena kekuatan kerajaan yang solid, namun juga karena kekayaan alam dan budaya yang begitu luar biasa.

Sama dengan suku lainnya, Suku Ternate juga memiliki berbagai tradisi yang cukup mengagumkan, bahkan hingga sekarang beberapa tradisi dan kebudayaan masih dijaga.

Seperti Adat segulaha, adalah proses pembentukan dan pelaksanaan adat kesultanan Ternate yang sejak masa lampau selalu ditaaati dan dilaksanakan oleh segenap masyarakat kesultanan Ternate. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: