Orang India Jika Bicara Selalu Gelengkan Kepala, Ini Arti dan Alasannya

Orang India Jika Bicara Selalu Gelengkan Kepala, Ini Arti dan Alasannya

Orang India Jika Bicara Selalu Gelengkan Kepala, Ini Arti dan Alasannya-Ilustrasi-

RADARMUKOMUKO.COM - Ciri khas orang India kalau bicara selalu menggelengkan kepalanya, ini bisa kamu perhatikan saat nonton film India atau bertemu dan bicara lansung dengan orang India. Contohnya saat mereka mengatakan "Acha Acha" yang artinya benar, tapi sambil gelengkan kepala.

Bagi kita orang Indonesia, menggelengkan kepala saat bicara umumnya dilakukan hanya saat menunjukkan ketidak sukaan, tidak mengetahui atau tidak setuju. 

BACA JUGA:Nggak Cuma Cantik, 5 Artis Ini Juga Pandai Bela Diri Bahkan Ada Yang Menjadi Atlet Nasional

Namun tenyata bagi orang India, gestur menggeleng kepala menjadi sesuatu yang ikonik, tidak bisa dilepaskan sejak dulu, bukan tidak setuju atau tidak tahu. Saat mereka setuju, menyampaikan maksud, senang dan menghormati lawan bicara juga menggelengkan kepala.

Yang pasti menggelengkan kepala memiliki arti, karena gerakan itu adalah komunikasi non verbal. Komunikasi non verbal adalah komunikasi tanpa kata-kata.

Setiap daerah di India mempunyai gaya dan variasi geleng kepalanya masing-masing. Semakin ke selatan daerahnya, maka semakin banyak jenis gelengan kepalanya.

BACA JUGA:Suku Penghuni Pulau Yang Dilarang Dikunjungi, Dikenal Ganas Memanah Siapapun Yang Mendekat

Seperti orang Kerala yang berada di daerah Selatan mempunyai lebih banyak jenis gelengan kepala ketimbang orang yang tinggal di Himalaya, daerah Utara India.

Yang pasti, cara orang India menggelengkan kelala agak berbeda dengan orang di negara lain, mereka menggelengkan kepala dengan gestur yang lebih santai dan bersinambungan.

Mengutip dari kumparan.com yang melansir Trip Savvy, gelengan kepala orang India memiliki beberapa makna. Gelengan kepala paling sering digunakan sebagai tanda untuk menunjukkan bahwa apa yang kita katakan dipahami oleh lawan bicara. 

BACA JUGA:Waspada, Ini Tanda WhatsApp Dibajak dan Disadap Mudah Dikenali, Cek Hp Anda

Misalnya, jika kamu memberi tahu seseorang bahwa akan menemuinya di suatu tempat pada pukul 5 dan mereka menggoyangkan kepalanya ke arahmu, itu berarti tidak apa-apa dan mereka akan ada di sana. 

Jika kamu bertanya kepada seseorang apakah kereta akan menuju tujuanmu dan mereka menggelengkan kepala sebagai jawaban, itu berarti tandanya adalah "ya".

Sementara itu, gelengan kepala yang bergerak berlang secara lebih konsisten juga berarti sesuatu. Semakin cepat gelengan itu dilakukan, maka itu artinya orang itu semakin antusias dan sepakat dengan apa yang dikemukakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: