Orang India Jika Bicara Selalu Gelengkan Kepala, Ini Arti dan Alasannya

Orang India Jika Bicara Selalu Gelengkan Kepala, Ini Arti dan Alasannya

Orang India Jika Bicara Selalu Gelengkan Kepala, Ini Arti dan Alasannya-Ilustrasi-

BACA JUGA:Tradisi Unik Suku Nataia Poke Usu, Penyambutan Gadis Yang Pergi Tanpa Izin Pulang Lagi ke Rumah

Untuk mempertegas, mereka terkadang juga mengangkat alis sebagai tanda penekanan dan menunjukkan antusiasme tersebut. Namun apabila gelengan berulang yang dilakukan secara konsisten itu disertai gestur bahu yang acuh tak acuh, itu berarti mereka tidak sepenuhnya setuju, tapi malas untuk berdebat.

Gestur ini seakan mengatakan pada lawan bicaranya, "Oke, terserah apa kata kamu".

Meski dapat diartikan secara jelas, sering kali gelengan kepala yang dilakukan orang India memberikan arti yang ambigu, karena bisa menyebabkan kesalahpahaman.

Lantas, mengapa masih digunakan dan bahkan menjadi tradisi dalam berkomunikasi? Ternyata, masyarakat India dari dulu telah dibesarkan untuk bersikap luwes dan sopan. Terutama ketika berhadapan dengan tamu dan tetua.

Mereka tidak suka untuk mengatakan "tidak" secara langsung.

BACA JUGA:Senator Asal Bengkulu Minta Tinjau Kembali Kebijakan Pengangkatan PPPK Guru

 Hal itulah yang membuat orang India kerap tersenyum malu, menggumam dan mengangguk tidak jelas untuk tidak membuat komitmen yang kuat. Pada zaman dulu, gelengan kepala memang sengaja diciptakan sebagai syarat untuk menyampaikan ambiguitas, dan itu berhasil.

Pradeep Chakravarthy, penulis dari Chennai yang juga konsultan perilaku perusahaan mengungkapkan bahwa cara ini jadi 'trik' masyarakat India untuk menangani hal tertentu dan membiarkan kesempatan berteman menjadi lebih besar sekaligus menghindari konflik.

BACA JUGA:Tradisi Unik Tamblang Waluh Karang Asem Bali, Bertarung di Perempatan Jalan Antara laki-laki

"Dalam masyarakat ekonomi agraris tradisional di India, kamu tidak secara terbuka menyampaikan penolakan atau ketidaksepakatan dengan orang lain. Karena kamu tidak akan pernah tahu, kapan kamu akan membutuhkan bantuan mereka," ungkapnya seperti dikutip BBC.

Hanya saja, kamu tidak boleh asal untuk menggoyangkan kepala saat berbicara, ya. Sebab, secara tidak langsung hal tersebut bisa menyinggung lawan bicaramu. Hal ini bahkan menyebabkan orang India jengkel.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: