Tradisi Unik dan Magis Suku Toraja, Menghormati Jenazah Dikasih Makan dan Diajak Bicara

Tradisi Unik dan Magis Suku Toraja, Menghormati Jenazah Dikasih Makan dan Diajak Bicara

Tradisi Unik dan Magis Suku Toraja, Menghormati Jenazah Dikasih Makan dan Diajak Bicara-Istimewa-Berbagai sumber

RADARMUKOMUKO.COM -Suku Toraja adalah sebuah suku bangsa yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan, Indonesia.

Suku Toraja memiliki sejarah, kebudayaan, dan kepercayaan yang kaya dan beragam.

BACA JUGA:5 Suku di Dunia Penghasil Wanita Cantik, Nomor 4 Terkenal Ganas

Salah satu aspek yang paling menarik dan menonjol dari suku Toraja adalah tradisi kematian mereka, yang mencerminkan pandangan mereka tentang kehidupan, kematian, dan alam semesta.

Suku Toraja percaya bahwa kematian bukanlah sesuatu yang datang dengan tiba-tiba, tetapi merupakan sebuah proses yang bertahap menuju Puya (dunia arwah, atau akhirat).

Dalam masa penungguan itu, jenazah dibungkus dengan beberapa helai kain dan disimpan di bawah tongkonan, yaitu rumah adat suku Toraja yang berbentuk seperti perahu terbalik.

Jenazah dianggap masih hidup dan diperlakukan seperti anggota keluarga, bahkan diberi makan dan diajak bicara.

BACA JUGA:3 Suku Manusia Bermata Biru Menyala di Indonesia, Ternyata Karena Ini

Proses penungguan ini bisa berlangsung selama beberapa bulan hingga beberapa tahun, tergantung dari kemampuan keluarga untuk mengumpulkan biaya untuk mengadakan upacara pemakaman yang megah dan meriah.

Upacara pemakaman suku Toraja disebut Rambu Solo', yang berarti "tali putus" atau "jalan terakhir".

Upacara ini merupakan peristiwa sosial yang penting, biasanya dihadiri oleh ratusan orang dan berlangsung selama beberapa hari.

Tujuan utama dari Rambu Solo' adalah memberikan penghormatan kepada arwah orang yang meninggal dan mengantarkannya ke Puya dengan cara yang layak.

Upacara ini melibatkan berbagai ritual, seperti penyembelihan kerbau dan babi sebagai persembahan, tarian-tarian tradisional, nyanyian-nyanyian pujian, pembacaan doa-doa, dan pemberian hadiah-hadiah kepada tamu-tamu.

BACA JUGA:11 Suku Asal Wanita Cantik di Indonesia, Putih Mulus dan Manis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: