Mengenal Tradisi Mirarik Suku Sasak di NTT, Calon Suami Mencuri Gadis

Mengenal Tradisi Mirarik Suku Sasak di NTT, Calon Suami Mencuri Gadis

Mengenal Tradisi Mirarik Suku Sasak di NTT, Calon Suami Mencuri Gadis --

RADARMUKOMUKO.COM -  Suku Sasak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pulau Lombok, merupakan suku asli masyarakat Nusa Tenggara Barat yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Suku satu ini memiliki berbagai tradisi menarik dan unik, salah satu tradisi Suku Sasak adalah tradisi kawin culik atau disebut mirarik menjelang pernikan.

Dalam tradisi ini, pria Suku Sasak yang berada di Dusun Sade, Desa Rambitan, Kecamatan Puju, Kabupaten Lombok Tengah, harus menculik kekasihnya, ini adalah tahapan yang unik dalam pernikahan. 

BACA JUGA:5 Tradisi Suku Yang Dinilai Tabu di Indonesia, Terkait Hubungan Perkawinan

Tidak ada pemaksaan seperti penculikan yang umum kita kenal. Dalam tradisi ini keduanya akan membuat 'perjanjian' kapan proses penculikan ini akan dilaksanakan. 

Atau aksi penculikan itu dilakukan tanpa ada paksaan dan sudah mendapat persetujuan dari kedua belah pihak.

Aksi penculikan yang boleh dilakukan pada malam hari saja harus ditutup rapat-rapat, termasuk tidak boleh diketahui oleh orang tua dari pihak perempuan.

Dalam tradisi unik Suku Sasak ini calon pengantin perempuan akan kabur keluar rumah tanpa sepengetahuan keluarganya dan calon pengantin pria akan menunggu hingga perempuan itu keluar aksinya itu harus dilakukan pada malam hari.

BACA JUGA:Setiap Suku Bangsa Miliki Perbedaan, Ternyata Karena Ini

Setelah berhasil keluar rumah mereka akan pergi keluar kampung dan menginap di salah satu kerabatnya.

Keluarga pria lalu akan merekam kejadian tersebut dan meminta kepala dusun untuk melaporkan kejadian tersebut pada keluarga perempuan, bahwa anak perempuan mereka telah diculik.

Setelah itu kedua pasangan itu akan langsung dinikahkan karena telah diketahui oleh masyarakat desa.

Dan jika dalam proses itu terjadi keributan maka pihak keluarga pria akan mendapatkan denda yang harus dibayarkan dalam bentuk uang.

BACA JUGA:Rahasia Turun-Temurun Kecantikan Wanita Suku Bali, Bikin Pria Terpesona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: