Setiap Suku Bangsa Miliki Perbedaan, Ternyata Karena Ini

Setiap Suku Bangsa Miliki Perbedaan, Ternyata Karena Ini

Suku Bangsa Berbeda-beda --

RADARMUKOMUKO.COM - Berdasarkan data dari sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010 lalu, terdapat sekitar 1.340 suku bangsa di Indonesia. Bahkan di seluruh dunia, ada jutaan suku yang mendiami berbagai daerah setiap negara.

Beberapa suku hidup berdampingan satu sama lain dan juga tidak sedikit sudah yang terlibat konflik antar suku dikarenakan berbagai hal, mulai dari perbedaan hingga perebutan wilayah dan kepentingan lainnya.

BACA JUGA:Rahasia Turun-Temurun Kecantikan Wanita Suku Bali, Bikin Pria Terpesona

Bangsa Indonesia dikenal dengan keragaman suku, bidaya, agama dan lainnya. Keragaman ini dikarenakan setiap suku memiliki perbedaan, mulai dari berbeda tradisi, berbeda cara kehidupan, perbedaan pada fisik dan sebagainya.

Pertanyaannya, mengapa setiap suku di Indonesia bahkan di dunia berbeda?

Ternyata ada, beberapa alasan suku-suku tersebut berbeda, diantaranya:

Nenek Moyang Berbeda

Antara orang indonesia bagian barat dan indonesia timur, sebagian memiliki banyak perbedaan, termasuk fisik. Ini dikarenakan bangsa Indonesia berasal dari dua nenek moyang dengan ras yang berbeda. 

Suku bangsa yang tinggal di bagian barat Indonesia umumnya merupakan keturunan Ras Mongoloid, sedangkan yang tinggal di bagian timur kebanyakan keturunan Ras Australomelanesid. 

BACA JUGA:Keunikan Suku Huli, Suami Istri Atau Pria da Wanita Beda Rumah

Leluhur suku bangsa di timur Indonesia datang lebih dulu ke wilayah nusantara dari Afrika pada 100.000-300.000 tahun lalu. Leluhur suku bangsa di barat Indonesia baru datang pada 5.000 tahun lalu dari selatan Taiwan.

Leluhur dari Ras Mongoloid dan Ras Australomelanesid hidup bersama dalam damai. Beberapa mengalami percampuran ras melalui perkawinan, terutama yang berada di wilayah Wallacea, seperti Nusa Tenggara dan Sulawesi. 

Seiring berjalannya waktu, terjadi proses pembelajaran hingga memicu evolusi budaya dan bahasa yang akhirnya membentuk kelompok-kelompok suku bangsa yang berbeda.

Pengaruh Budaya Asing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: