Kata UAH, Lakukan Amalan dan Puasa Ini, Dosa-Dosa Akan Dihapus Selama Setahun

Kata UAH, Lakukan Amalan dan Puasa Ini, Dosa-Dosa Akan Dihapus Selama Setahun

Ustadz Adi Hidayat--

RADARMUKOMUKO.COM - Umat Muslim memasuki bulan Muharram, yaitu bulan pertama dalam kalender Islam.

Bulan ini memiliki banyak keutamaan dan berkah, terutama pada hari Asyura, yaitu hari kesepuluh Muharam. Pada hari itu, banyak peristiwa besar terjadi dalam sejarah Islam.

Salah satunya adalah kisah Nabi Musa as dan Bani Israil yang ditolong Allah SWT dari kejaran Fir'aun dan pasukannya.

Allah SWT membelah laut untuk memberi jalan bagi Nabi Musa as dan Bani Israil, sedangkan Fir'aun dan pasukannya tenggelam di dalamnya.

Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk berpuasa pada hari Asyura sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Tak Habis-Habisnya, Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dilaporkan lagi, Kasus Dugaan Ilegal Fundraising?

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk berpuasa sehari sebelum atau sesudahnya, yaitu hari Tasu'a (hari kesembilan) atau hari Asyar (hari kesebelas).

Hal ini dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat, seorang dai dan pendiri Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta, dalam salah satu ceramahnya.

Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa berpuasa pada hari Asyura memiliki pahala yang luar biasa, yaitu menghapus dosa-dosa selama setahun.

"Rasulullah SAW bersabda: 'Puasa Asyura akan menghapus dosa-dosa setahun yang lalu.' Ini adalah hadits shahih riwayat Muslim.

Jadi, puasa Asyura adalah puasa sunnah yang sangat dianjurkan," ucap Ustadz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Empat Larangan Suku Dayak, Nomor 3 Bikin Nyesal Selamanya

Selain berpuasa, Ustadz Adi Hidayat juga menyebutkan beberapa amalan lain yang baik dilakukan di bulan Muharram, khususnya pada hari Asyura. Di antaranya adalah:

- Membaca Al-Quran dan mengkhatamkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: