Mengenal Suku Melayu, Tersebar di Seluruh Nusantara Hingga Mancanegara

Mengenal Suku Melayu, Tersebar di Seluruh Nusantara Hingga Mancanegara

Mengenal Suku Melayu, Tersebar di Seluruh Nusantara Hingga Mancanegara--

RADARMUKOMUKO.COM - Salah satu etnis terbesar di Indonesia adalah etnis suku melayu. Orang-orang masyarakat suku melayu ada di Pulau Sumatera bagian selatan, barat, dan Pulau Kalimantan.

Ras Melayu dibagi menjadi dua bagian, yaitu Melayu Deautro merupakan rumpun Melayu Muda yang datang di zaman logam abad 500 SM. Kedua Melayu Proto yaitu rumpun Melayu Tua yang menginjakkan kaki di Sulawesi, Kalimantan, Lombok, Sumatera, dan Nias di tahun 1500 SM.

Suku Melayu termasuk dalam kategori etnis Austronesia yang mendiami Pulau Sumatera, Semenanjung Malaya, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sabah, Sarawak, Brunei, Filipina Barat dan Selatan, Singapura, Thailand Selatan, dan Burma Selatan.

BACA JUGA:Suku Bajo, Manusia Ikan Inspirasi Film Avatar 2, Bisa Menyelam 70 Meter

BACA JUGA:Suku Wajak Hilang Misterius, Manusia Cerdas dan Mampu Arungi Samudera

Masyarakat Melayu tersebar di berbagai pelosok bumi Nusantara, hingga mancanegara, khususnya Asia Tenggara.

Tidak mengherankan apabila wajah-wajah Melayu dapat ditemukan hampir di berbagai daerah, termasuk Sri Lanka, Afrika Selatan, dan Kepulauan Cocos.

Berdasarkan Sensus Penduduk Indonesia 2010, orang Melayu di Sumatera dominan berada di provinsi Riau.

Ada sejumlah kerajaan Melayu di Indonesia yang berada di pesisir timur Sumatra dan pesisir Kalimantan. Di pulau Sumatera terdapat berbagai kerajaan dan kesultanan Melayu, seperti Kerajaan Melayu, Sriwijaya, Dharmasraya, Kesultanan Deli, Kesultanan Siak Sri Indrapura, Kesultanan Asahan, Kesultanan Riau-Lingga, Kesultanan Jambi, Kesultanan Palembang dan Kesultanan Lingga, dan lainnya. 

Sedangkan kerajaan dan kesultanan Melayu yang berbasis di pulau Kalimantan, seperti Kerajaan Tanjungpura, Kerajaan Sanggau, Kerajaan Sintang, Kesultanan Sambas, Kesultanan Pontianak, Kesultanan Bulungan, Kesultanan Berau, Kesultanan Kutai dan lain-lainnya. 

BACA JUGA:7 Suku yang Masih Menolak Modernisasi Walau Terusir Karena Alih Fungsi Hutan

BACA JUGA:6 Pulau Terlarang, Angker Hingga Dihuni Ular, Nomor 5 Dijaga Suku Sasak

Dalam insiden Pontianak selama pendudukan Jepang di Hindia Belanda, Jepang membantai sebagian besar elit Melayu dan memenggal semua Sultan Melayu di Kalimantan. 

Sumatera adalah tanah air bahasa Melayu, yang saat ini menjangkau seluruh pelosok Asia Tenggara. Yang membanggakan  bagi orang melayu, disebutkan secara historis, bahasa Indonesia baku adalah standardisasi dari bahasa Melayu Riau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: