Suku Bajo, Manusia Ikan Inspirasi Film Avatar 2, Bisa Menyelam 70 Meter

Suku Bajo, Manusia Ikan Inspirasi Film Avatar 2, Bisa Menyelam 70 Meter

Suku Bajo, Manusia Ikan Inspirasi Film Avatar 2, Bisa Menyelam 70 Meter--

RADARMUKOMUKO.COMSuku Bajo juga disebut Suku Bajau mendiami beberapa pulau di kawasan Taman Nasional yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah.

Suku Bajo hidup nomaden di atas perairan laut. Tak heran banyak yang menjulukinya dengan sebutan Gipsi Laut. 

BACA JUGA:Tidak Disangka Suku Batak Pemilik Ilmu Gaib Paling Sakti, Dinobatkan Jadi Ketua Paranormal Dunia

Suku Bajo datang dari Kepulauan Sulu di Filipina utara ratusan tahun lalu. Sebagian besar menuju ke Sabah dan berbagai wilayah Indonesia, hingga ke Kepulauan Madagaskar.

Suku Bajo dikenal sebagai suku pemburu dan penjaga lautan Nusantara karena memang hidup di daerah pesisir pantai, salah satunya di Pulau Papan. 

Mayoritas rumah yang ada di Pulau Papan dibangun di atas air dan menjadi hunian para anggota suku Bajo. Inilah menjadi ciri khas dari suku ini.

Daerah migrasi Suku Bajo ratusan tahun lalu sangat luas. Oleh karena itu mereka juga dapat ditemui di Malaysia, Brunei, dan Filipina. 

BACA JUGA:Ritual Kawalu Suku Baduy, Penyucian Diri Yang Tidak Bisa Dilihat

Di Indonesia, Suku Bajo dapat ditemui di beberapa daerah, seperti di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah. Ada pula pemukiman Suku Bajo juga bisa ditemukan di Desa Bajau Kepulauan Sula, sebuah wilayah di Provinsi Maluku Utara.

Suku Bajo juga diketahui menghuni Pulau Bungin, Pulau Terpadat di dunia yang berada di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. 

Namun pemukiman Suku Bajo terbesar di Indonesia disebut berada di Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Sebagian besar Suku Bajo di Indonesia juga tidak lagi nomaden, mereka hidup menetap di pesisir pantai dengan hunian sederhana yang layak ditempati dan meninggalkan Animisme/Dinamisme.

BACA JUGA:6 Pulau Terlarang, Angker Hingga Dihuni Ular, Nomor 5 Dijaga Suku Sasak

Beberapa waktu lalu Suku Bajo sempat menjadi perhatian karena diisukan menjadi salah satu inspirasi Suku Metkayina dalam film Avatar: The Way of Water atau Avatar 2. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: