Sejarah dan Kisah Misteri Candi Gedongo, Lihat Candi Nomor 9 Harus Punya Kesaktian

Sejarah dan Kisah Misteri Candi Gedongo, Lihat Candi Nomor 9 Harus Punya Kesaktian

Candi Gedongo-Dok-

Gunung Ungaran tempat Candi Gedong Songo ini berdirilah dahulu dipakai Hanoman untuk menimbun hidup-hidup Dasamuka dalam perang besar memperebutkan Dewi Sinta.

Sebelum merebut Dewi Sinta kembali, terjadi perang besar antara Dasamuka dengan bala tentara raksasanya melawan Rama yang dibantu pasukan kera pimpinan Hanoman. 

Selain itu, ada juga misteri yang tersembunyi di balik kemegahan Candi, yaitu tentang candi ini dijadikan sebagai salah satu tempat Ratu Sima bersemedi. 

BACA JUGA:Inilah 7 Fakta Situs Gunung Padang yang Mengguncang Dunia dan Menjadi Misteri

Umat Hindu sejak dahulu percaya jika gunung merupakan tempat bersemayam para dewa. Oleh karenanya, Candi Gedong Songo dibangun untuk tempat pemujaan kepada para dewa.

Hal tersebut menjelaskan keberadaan beberapa patung dari tokoh-tokoh dalam kepercayaan umat Hindu, seperti Siwa Mahakala, Siwa Mahaguru, Siwa Mahadewa, Maharsi Agastya, Ganesha, dan beberapa patung dewa lainnya.

Sisi lain yang menarik dari Candi Gedong Songo adalah penempatan candi yang diletakkan berderet dari bawah hingga ke atas perbukitan.

Namun, beberapa orang memercayai penempatan posisi tersebut melambangkan hierarki kesucian, yang mana berarti candi teratas merupakan candi yang paling suci, begitu seterusnya.

BACA JUGA:Pondok Pesantren Al Zaytun Dibantu Oleh Negara Lewat Dana BOS Pantas Saja Sangat Kuat

Selain itu, masyarakat sekitar percaya jika kawasan Candi Gedong Songo masih berkaitan erat dengan kisah pewayangan Hanoman dan Dasamuka.

Cerita lainnua, mulanya dinamakan Candi Gedong Pitu karena hanya ditemukan tujuh candi. Hingga sekitar tahun 1991 para arkeolog menemukan dua bangunan candi lagi, dan diubah namanya menjadi seperti sekarang ini.

Dari namanya Candi Gedong Songo berarti bahwa ada sembilan candi. Hal itu juga sudah dibuktikan dengan adanya penemuan sembilan candi. Namun, banyak orang meyakini ada candi kesepuluh yang tersembunyi, dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihatnya. Penemuan Candi Gedong Songo ini juga diikuti dengan banyak misteri yang mengikutinya.

BACA JUGA:4 Wisata Terlarang di Kunjungi Meskipun Memiliki Keindahan, Katanya Bisa Memperpendek Usia

Terutama oleh warga sekitar yang sangat meyakini keberadaan candi kesepuluh ini. Orang biasa tidak akan bisa melihat bentuk candi ini. kecuali orang-orang yang sudah diberi kelebihan untuk melihat hal-hal yang gaib.

Menurut cerita warga, letak candi yang misterius ini berada di bukit paling tinggi, tepatnya di bukit belerang. Bukit ini sangat terjal dan akan sangat sulit untuk menuju puncak tersebut. Tidak ada yang berani datang kesana, karena tempat itu terkenal angker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: