Mengenal Suku Terasing di Indonesia, Sulit Ditemui Hingga Menolak Aturan Pemerintah

Mengenal Suku Terasing di Indonesia, Sulit Ditemui Hingga Menolak Aturan Pemerintah

Mengenal Suku Terasing di Indonesia, Sulit Ditemui Hingga Menolak Aturan Pemerintah-Dok-

RADARMUKOMUKO.COM – Setiap provinsi memiliki beragam suku bangsa yang mendiaminya, malai dari suku asli hingga suku pendatang.

Beberapa suku tidak asing dan cukup dikenal, seperti suku jawa, suku minang, suku batak, suku Dayak, suku betawi, suku melayu, suku disulawesi, suku bali, suku Papua dan sebagainya.

BACA JUGA:7 Suku Ini Lakukan Cara Unik Agar Cantik, Bertato Hingga Leher Panjang

Namun ada pula suku pedalaman yang belum banyak dikenal. Umumnya hidup di wilayah terpencil yang belum banyak tersentuh oleh modernisasi. Mereka biasanya juga masih menjaga tradisi dan budaya serta hidup berdampingan dengan alam.

Sayangnya beberapa suku ini kondisinya memprihatinkan, karena terlindak modernisasi dan kebijakan penguasaan hutan oleh pemerintah maupun pemilik modal.

BACA JUGA:Alasan Suku Kubu Lari ke Hutan, Ogah Menyerah Pada Belanda dan Pantang Dunia Terang

Berikut ini beberapa suku terasing di Indonesia yang belum banyak dikenal dilansir dari berbagai sumber:

1. Suku Samin

Suku Samin merupakan suku pedalaman di Indonesia yang terasing dan terancam kepunahannya. Suku Samin tersebar di daerah Blora, Pati, dan sebagian wilayah Bojonegoro. 

BACA JUGA:Mengenal Suku Polahi, Anti Penjajah, Terasing dan Tradisi Kawin Incest

Suku samin atau yang juga disebut wong sikep ini memilih tinggal di tengah hutan di kawasan pegunungan Kendeng, dan menjauhkan diri dari keramaian masyarakat. 

Mereka lebih memilih hidup mandiri bersahabat dengan alam tanpa mengeksploitasi secara berlebihan dan menolak penuh aturan pemerintah. 

Penolakan terhadap pemerintah pada suku ini bermula dari sikap pendahulunya Samin Surosinteko yang menentang keras sikap kapitalisme dan materialisme pemerintah Belanda.

2. Suku Kombai dan Korowai, Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: