5 Suku Asli Kepulauan Riau, Salah Satunya Hampir Punah Tergilas Kemajuan Batam

5 Suku Asli Kepulauan Riau, Salah Satunya Hampir Punah Tergilas Kemajuan Batam

5 Suku Asli Kepulauan Riau, Salah Satunya Hampir Punah Tergilas Kemajuan Batam-Dok-Berbagai Sumber

Di Batam terdapat satu suku yang tinggal di daerah pedalaman yang disebut Suku Hutan.

Menurut informasi terbaru, jumlah warga di suku ini terus mengalami penurunan dikarenakan penanganan yang kurang tepat. Ada anggapan kalau Suku Hutan termasuk suku terasing di Batam Kepulauan Riau.

BACA JUGA:10 Suku Asli Indonesia yang Dianggap Primitif Hingga Terancam Punah

Pada tahun 1970, Suku Hutan masih berjumlah 150 jiwa yang sebagian besar mendiami Hutan Rempang Batam.

Namun, seiring banyaknya warga yang merantau dan enggan untuk pulang, jumlah anggota keluarga Suku Hutan semakin menurun drastis. Bahkan menurut informasi terkini, jumlah warga Suku Hutan tinggal 13 jiwa saja.

Mereka tinggal di Kampung Sadap, Rempang, Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Kehidupan mereka kini semakin terdesak. Tak lama lagi, Pulau Rempang pun bakal dijadikan New City (Kota Baru). 

BACA JUGA:30 Suku Asli Pulau Sulawesi, Diantaranya Dijuluki Manusia Laut Hingga Berjiwa Menaklukkan

Jadi jangan pikir Batam adalah hamparan gedung-gedung bertingkat maupun properti lainnya. Batam memiliki kawasan pedalaman di hutan Pulau Rempang dan Galang. Di sini bermukim orang asli Batam baik dari suku laut maupun orang darat atau yang dahulunya juga disebut orang hutan. 

Demikian sejarah singkat 5 suku di Kepulauan Riau, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan terkait keragaman suku nusantara, hingga memperkuat persatuan dan kecintaan pada tanah air. Jika ada kekeliruan akan diperbaiki pada konten selanjutnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: