5 Suku Asli Kepulauan Riau, Salah Satunya Hampir Punah Tergilas Kemajuan Batam

5 Suku Asli Kepulauan Riau, Salah Satunya Hampir Punah Tergilas Kemajuan Batam

5 Suku Asli Kepulauan Riau, Salah Satunya Hampir Punah Tergilas Kemajuan Batam-Dok-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Penduduk (SP) Tahun 2010, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau Suku bangsa. Lebih tepatnya, Indonesia memiliki 1.340 Suku bangsa Tanah Air.

Salah satu daerah yang banyak menyumbang daftar suku di Indonesia adalah Kepulauan Riau. Dimana daerah ini dihuni oleh berbagai suku, baik suku asli maupun suku keturunan atau perantau modern.

BACA JUGA:Sejarah dan Keunikan 8 Suku Asli Papua, Nomor 6 Dikenal Ganas

BACA JUGA:Papua New Guinea, Miliki Suku Paling Ditakuti

Suku-suku di Kepulauan Riau cukup unik, namun sayang kehidupan suku-suku asli ini, sudah tercepat oleh kemajuan Riau yang modern dan kebijakan pembangunan dan pembukaan lahan lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, salah satunya seringjalan.com, berikut 5 suku asli Kepulauan Riau:

1. Suku Melayu

Suku Asli Di Kepulauan Riau yang pertama tentunya yang paling terkenal di Kepulauan Riau yakni Suku Melayu. Peneliti menyampaikan kalau suku bangsa ini tergolong suku asli Kepri yang sampai saat ini, masih memunculkan generasi-generasi yang baru.

BACA JUGA:9 Suku Asli Indonesia Terancam Punah, Nomor 7 Karena Miras dan HIV/AIDS

Uniknya, suku Melayu menjadi ikon kebangsaan di Asia disebabkan oleh banyaknya negara Asia yang juga mengaku didiami oleh suku Melayu.

Terkadang orang menganggap kalau Suku Melayu berasal dari Malaysia. Padahal sebagian besar suku Melayu berasal dari Indonesia yang salah satunya didominasi oleh orang Kepri.

2. Suku Sakai

Suku Sakai merupakan suku asli Kepulauan Riau (Kepri). Sayangnya, keberadaan suku ini sudah mulai terpinggirkan dikarenakan hutan tempat mereka tinggal sudah berubah menjadi lahan tambang minyak bumi.

Akibatnya mereka tidak memiliki tempat tinggal yang mengharuskannya berpindah dan menyebar ke daerah-daerah yang lain di luar Kepri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: