30 Suku Asli Pulau Sulawesi, Diantaranya Dijuluki Manusia Laut Hingga Berjiwa Menaklukkan

30 Suku Asli Pulau Sulawesi, Diantaranya Dijuluki Manusia Laut Hingga Berjiwa Menaklukkan

30 Suku Asli Pulau Sulawesi, Diantaranya Dijuluki Manusia Laut Hingga Berjiwa Menaklukkan--

RADARMUKOMUKO.COM – Pulau Sulawesi menyumbang sejumlah suku dalam daftar suku-suku bangsa yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia. 

Suku-suku ini sebagian besar merupakan masyarakat asli Sulawesi yang sudah mendiami pulau ini berabad-abad. Menariknya lagi, sebagian suku di Sulawesi akrab dengan lautan, hingga mereka merupakan para pelaut-pelaut tangguh.

Selain itu juga banyak yang menekuni pertanian hingga peternakan. Bahkan ada suku yang dikenal dengan masyarakatnya yang memiliki kebiasaan merantau.

BACA JUGA:Tegas, Aturan Suku Kubu Atau Orang Rimba, Berduaan Lawan Jenis Dihukum Cambuk dan Dikawinkan Paksa

Guna menambah pengetahuan terkait dengan keragaman suku di Indonesia, berikut 30 suku asli pulau Sulawesi dilansir dari berbagai sumber:

1. Suku Makassar

Suku Makassar berada di Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Selayar dan Kabupaten Bantaeng. Suku Makassar merupakan Suku Melayu yang tinggal di wilayah pesisir selatan Pulau Sulawesi. 

Suku Makkasar termasuk dalam rumpun bahasa Bentong, Selajar, hingga Konjo. Orang Makassar menyebut dirinya dengan istilah Mangkasra yang artinya mereka memiliki sifat yang terbuka kepada siapa pun. Hal ini karena Suku Makassar dikenal luas dengan keberanian dan jiwa penakluknya. 

BACA JUGA:Tegas, Aturan Suku Kubu Atau Orang Rimba, Berduaan Lawan Jenis Dihukum Cambuk dan Dikawinkan Paksa

2. Suku Toraja

Suku di Pulau Sulawesi yang ketiga adalah Suku Toraja. Suku Toraja sendiri adalah suku yang tinggal di wilayah pegunungan bagian utara dari Provinsi Sulawesi Selatan. Masyarakat dari Suku Toraja banyak tersebar di beberapa daerah, mulai dari Kabupaten Tana Toraja, Mamasa, dan Toraja Utara.

Sebagian besar masyarakat dari Suku Toraja merupakan pemeluk agama Kristen Protestan, sementara agama dengan jumlah pemeluk tertinggi kedua dari Suku Toraja adalah Katolik.

BACA JUGA:9 Suku Asli Bali dan Nusa Tenggara, Terkenal dengan Wisata dan Wanitanya Cantik Mempesona

3. Suku Bugis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: