8 Suku Asli Papua, Jadikan Batu Mahar Nikah Hingga Tradisi Potong Jari

8 Suku Asli Papua, Jadikan Batu Mahar Nikah Hingga Tradisi Potong Jari

8 Suku Asli Papua, Jadikan Batu Mahar Nikah Hingga Tradisi Potong Jari--

RADARMUKOMUKO.COM - Bicara suku-suku bangsa di Indonesia, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas suku - suku di negeri penghasil emas Papua.

Tidak diragukan lagi, Papua memiliki beragam suku dan dikenal dengan keunikannya yang banyak dibahas, bukan saja di Indonesia, bahkan dunia.

Ada banyak suku di Papua, tapi dalam kesempatan ini tidak memungkinkan dirincikan satu persatu. Pada umumnya orang-orang Papua dikenal dengan ketangguhannya, karena terbiasa dengan alam bebas dan kehidupan berburu, orang Papua, memiliki badan yang tegap. Maka tidak heran banyak atlit andalan Indonesia berasal dari Papua.

BACA JUGA:Keturunan dari Penguasa Langit Suku Nias Sumatera Utara Turun Ke Bumi dengan Menggunakan Ini

BACA JUGA:30 Suku Asli Pulau Sulawesi, Diantaranya Dijuluki Manusia Laut Hingga Berjiwa Menaklukkan

Setiap suku di Papua memiliki tradisi yang unik sama halnya dengan suku suku lainnya. Yang menarik ada suku yang menjadikan batu sebagai mahar perkawinan, karena di daerahnya batu termasuk benda langka. Kemudian juga ada yang melakukan tradisi potong jari sebagai bentuk kesedihan saat ada keluarga yang meninggal. Untuk lengkapnya silahkan baca sampai selesai.

Berikut 8 Suku Asli Puas dilansir dari berbagai sumber, salah satunya rimbakita.com:

Suku Asmat 

Suku Asmat merupakan salah satu suku asli Papua dengan jumlah populasi yang besar. Suku Asmat terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu masyarakat yang tinggal di daerah pesisir dan yang tinggal di daerah pedalaman. 

Meski berasal dari suku yang sama, namun Suku Asmat yang tinggal di pesisir dan pedalaman sangat berbeda. Perbedaan mereka dapat dilihat dari cara hidup sehari-hari, dialek bahasa yang digunakan, ritual adat, dan struktur sosialnya.

Suku Asmat yang tinggal di daerah pesisir tersebar di sekitar pantai Laut Arafuru. Sedangkan Suku Asmat yang hidup di pedalaman berada di pegunungan Jayawijaya.

Suku Asmat yang tinggal di pedalaman hutan, mereka tinggal di sekitar rawa-rawa yang kondisi sekitarnya sangat terbatas. Batu yang biasa kita lihat di pinggir jalan bisa sangat berharga bagi mereka, bahkan dijadikan mas kawin. 

BACA JUGA:14 Suku Asli Aceh, Diantaranya Berhubungan Erat Dengan Suku Minang, Batak Hingga Nias

BACA JUGA:10 Suku Terbesar di Indonesia, Salah Satunya Hampir Separuh Penduduk Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: