14 Suku Asli Aceh, Diantaranya Berhubungan Erat Dengan Suku Minang, Batak Hingga Nias

14 Suku Asli Aceh, Diantaranya Berhubungan Erat Dengan Suku Minang, Batak Hingga Nias

Provinsi Aceh memiliki 14 Suku, Diantaranya Berhubungan Erat Dengan Suku Minang, Batak Hingga Nias -Dok-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COM - Aceh merupakan provinsi paling barat atau ujung Pulau Sumatera. Daerah yang dijuluki dengan Serambi Mekkah, ternyata memiliki 14 suku dan masing-masing suku memiliki adat, bahasa tersendiri yang berbeda-beda.

Sesuai catatan yang disajikan oleh Pemerintah Aceh, Serambi Mekkah dihuni oleh 14 suku (bangsa). 

Nah, pada kesempatan ini untuk menambah pengetahuan terkait suku di Indonesia, pada kesempatan ini radarmukomuko.disway.id merilis beberapa suku di Aceh yang dilansir dari berbagai sumber.

Suku Aceh

Suku Aceh (Aksara Jawoë : اورڠ اچيه) atau yang dalam Bahasa Aceh yang ditulis dengan huruf latin dibaca "Ureuëng Acèh" adalah nama sebuah suku penduduk asli yang mendiami wilayah pesisir dan sebagian pedalaman Provinsi Aceh, Indonesia. 

BACA JUGA:Alasan Suku Mandailing Bukan Batak, Beraroma Minangkabau

BACA JUGA:5 Suku di Pulau Jawa dan Asal Usul Suku Jawa

Suku Aceh mayoritas beragama Islam. Suku Aceh mempunyai beberapa nama lain yaitu Lam Muri, Lambri, Akhir, Achin, Asji, A-tse dan Atse. Bahasa yang dituturkan adalah bahasa Aceh, yang merupakan bagian dari rumpun bahasa Melayu-Polinesia Barat dan berkerabat dekat dengan bahasa Cham yang dipertuturkan di Vietnam dan Kamboja. 

Suku Aceh sesungguhnya merupakan keturunan berbagai suku, kaum, dan bangsa yang menetap di tanah Aceh. Pengikat kesatuan budaya suku Aceh terutama ialah dalam bahasa, agama, dan adat khas Aceh.

Suku Gayo

Suku Gayo, merupakan salah satu suku bangsa yang mendiami dataran tinggi Gayo di Provinsi Aceh bagian tengah. Berdasarkan sensus 2010 jumlah suku Gayo yang mendiami provinsi Aceh mencapai 336.856 jiwa. Wilayah tradisional suku Gayo meliputi kabupaten Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Gayo Lues. 

Selain itu suku Gayo juga mendiami sebagian wilayah di Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso.

Suku Gayo beragama Islam dan mereka dikenal taat dalam agamanya dan mereka menggunakan Bahasa Gayo dalam percakapan sehari-hari mereka.

Suku Tamiang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: