Pos Kamling Sumber Makmur Terpilih Wakili Kecamatan Lubuk Pinang Ke Provinsi

Pos Kamling Sumber Makmur Terpilih Wakili Kecamatan Lubuk Pinang Ke Provinsi

Pos Kamling Sumber Makmur Terpilih Wakili Kecamatan Lubuk Pinang Ke Provinsi --

LUBUK PINANG, RADARMUKOMUKO.COM - Pos Keamanan dan Lingkungan (Poskamling) yang terletak di RT 27 Dusun I, Desa Sumber Makmur, menjadi perwakilan Kecamatan Lubuk Pinang dalam lomba Poskamling tingkat Kabupaten Mukomuko tahun 2023. Dimana pada Senin (5/6), tim penilaian dari Polres Mukomuko langsung turun ke Sumber Makmur melakukan penilaian. 

Kapolres Mukomuko, AKBP Nuswanto, SH.,S.IK.,M.H, yang diwakili Kasat Binmas Polres Mukomuko, AKP I Gede Arya, selaku ketua tim penilaian mengatakan, lomba poskamling ini dimotori langsung oleh pimpinan pusat di mabes Polri. Tujuannya untuk memicu aktifnya kembali poskamling di seluruh desa Se-Indonesia. Maka setelah penyelenggaraan lomba ini, diharapkan supaya poskamling tetap di aktifkan. Dan bukan sekedar seremonial. Sebab poskamling merupakan tingkatan keamanan paling bawah untuk masyarakat, sebelum ada pihak Polri melalui Bhabinkamtibmas. 

“Lomba poskamling ini bertujuan untuk memicu agar seluruh Poskamling bisa aktif kembali. Pesertanya berjumlah 9 poskamling yang menjadi perwakilan dari masing-masing Polsek Sekabupaten Mukomuko,”ujar Arya. 

BACA JUGA:PT. SSJA Serahkan Bantuan Dua Unit Traktor untuk Kelompok Tani

BACA JUGA:Krisis di Bentang Seblat Memicu Bencana Ekologis dan Krisis Iklim

Camat Lubuk Pinang, Ali Nasri SH, menyampaikan apresiasi ke pada Desa Sumber Makmur karena bisa menjadi perwakilan wilayah hukum Polsek Lubuk Pinang di ajang lomba poskamling tingkat Kabupaten. Padahal wilayah hukum Polsek Lubuk Pinang meliputi 2 kecamatan, yakni Air Manjuto dan Lubuk Pinang. 

Camat berharap semoga Sumber Makmur bisa mendapat juara dan menjadi perwakilan Kabupaten ke tingkat Provinsi bahkan sampai Nasional. Kemudian, disampaikan juga bahwa Sumber Makmur yang layak mewakili Lubuk Pinang, sebab menurut penilaian Pemerintah Kecamatan dan Polsek, desa ini memang sudah siap dan poskamlingnya aktif.

“Semoga ini bisa jadi contoh untuk desa yang lain agar bisa mengaktifkan poskamlingnya. Seperti, Poskamling yang ada di Sumber Makmur yang memang aktif jauh sebelum info tentang perlombaan ini,” ujar Camat

Kapolsek Lubuk Pinang, AKP Teguh Budiyanto SE, mengatakan, lomba Poskamling ini memang terkesan sedikit mendadak. Sebab tujuannya untuk melihat kesiapan masing-masing desa. Ia juga menyampaikan bahwa Desa Tirta Makmur, Kecamatan Air Manjuto mewakili Polsek Lubuk Pinang pernah menjadi juara 2 pada ajang lomba poskamling tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2018. Maka Kapolsek juga berharap Poskamling Sumber Makmur juga bisa sampai ke tingkat Provinsi bahkan Nasional.

“Poskamling yang mewakili Polsek Lubuk Pinang pernah meraih juara 2 di tingkat Provinsi tahun 2018.  Maka kita berharap tahun ini juga bisa demikian, bahkan jauh lebih baik,”ujar Kapolsek.

BACA JUGA:Final, Desa Pondok Lunang Terpilih Desa Terbaik, Disini Lokasi Pengambilan Hadiahnya

BACA JUGA:Rampungkan Realisasi DD Tahap 1, Awal Juni Kecamatan Pondok Suguh Mukomuko Datangi Desa-desa

Selanjutnya, Kapolsek menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berperan aktif. Kemudian, disampaikan juga bahwa warga Sumber Makmur merupakan masyarakat majemuk, yakni beragam suku etnis, budaya, agama, ras dan bahasa, namun tetap kompak. Terakhir, Kapolsek mengimbau agar masyarakat selalu kompak menjaga lingkungan.  Kalau ada yang mencurigakan cepat lapor ke ketua RT atau Kepala Dusun, sebab saat ini sering terjadi tindak pencurian ternak.

"Kalau warga melihat orang yang mencurigakan cepat lapor hansip, karena jelas tamu harus lapor 1x24 jam. Kalau mereka mencari rumah maka kita tunjukan. Hal ini kita sampaikan untuk meminimalisir tindak kejahatan" tutup Kapolsek.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: