Rampungkan Realisasi DD Tahap 1, Awal Juni Kecamatan Pondok Suguh Mukomuko Datangi Desa-desa

Rampungkan Realisasi DD Tahap 1, Awal Juni Kecamatan Pondok Suguh Mukomuko Datangi Desa-desa

Camat Pondok Suguh, Rustam Effendi--

PONDOK SUGUH, RADARMUKOMUKO.COM - Jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) di wilayah Kecamatan Pondok Suguh, harus percepat realisasi anggaran tahap I Tahun Anggaran (TA) 2023.

Sebab, awal Juni mendatang Tim gabungan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Kecamatan mulai turun ke desa-desa. Mereka akan mengecek semua bukti realisasi anggaran. Mulai dari Sarana dan Prasarana (Sapras) maupun Non Sarana Prasarana (Non Sapras).

Selain itu mereka juga akan mengecek Surat Pertanggungjawaban (SPJ) anggaran tahap I yang sudah direalisasikan oleh masing-masing desa.

BACA JUGA:Ditargetkan Rampung Pertengahan Juni, TPK Mundam Marap Kebut Kegiatan Fisik

Camat Pondok Suguh, Rustam Effendi, melalui Kasi Ekobang, Irwan Wira Haryadi, ST mengatakan, sekarang ini pihaknya berencana menjadwalkan untuk pelaksanaan kegiatan Monev realisasi Dana Desa (DD) tahap I TA 2023 akan dilaksanakan awal Juni mendatang.

Karena itu, mereka minta semua desa melakukan percepatan realisasi anggaran. Dan melengkapi bukti SPJ anggaran yang sudah direalisasikan.

"Untuk jadwal Monev realisasi DD tahap I tahun 2023, rencana kita awal Juni mendatang. Sekarang jadwalnya sudah kita susun," kata Irwan Senin,(29/5).

Lanjutnya, dalam kegiatan Monev nanti, seluruh bentuk pelaksanaan kegiatan di desa akan dicek. Apakah sudah sesuai dengan perencanaan awal atau tidak. Kalau ada pelaksanaan kegiatan yang tidak sesuai.

Tentu ada catatan khusus atau rekomendasi dari tim Monev untuk desa terkait. Dalam Monev ini pihaknya tidak hanya melihat bentuk kegiatan fisik saja. Namun, mereka juga melihat bukti SPJ anggaran yang sudah direalisasikan oleh desa.

BACA JUGA:Tekan Angka Pernikahan Dini, Pemdes Gajah Mati Gelar Pelatihan

"Dalam Monev ini nanti, secara keseluruhan kegiatan desa akan kita cek. Kalau ada kegiatan yang tidak sesuai nanti kita beri catatan evaluasi untuk ditindaklanjuti," tegas Irwan.

Ditambahkan, saat ini beberapa desa sudah ada yang sudah merampungkan kegiatan fisik yang bersumber dari DD tahap I. Bahkan sudah ada yang serah terima hasil bangunan yang sudah mereka realisasikan.

Diantaranya yaitu Desa Pondok Suguh sudah serah terima kegiatan fisik tahap I. Dan Desa Air Bikuk juga sudah melakukan serah terima kegiatan fisik yang sudah mereka realisasikan.

"Meskipun belum Monev kegiatan fisik tetap bisa dilakukan serah terima. "Kalau serah terima fisik itukan tergantung pendamping teknis dan BPD selaku wakil dari masyarakat mengenai kegiatan fisik," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: