Suku Minangkabau, Sejarah dan Tradisi Yang Melegenda

Suku Minangkabau, Sejarah dan Tradisi Yang Melegenda

Suku Minangkabau, Sejarah dan Tradisi Yang Melegenda-Istimewa-Berbagai sumber

Balimau

Balimau adalah tradisi mandi membersihkan diri menjelang bulan ramadhan. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan oleh masyarakat Minangkabau di lubuak atau sungai. Selain itu Balimau juga memiliki makna lainnya yaitu mensucikan bathin dengan bermaaf-maafan satu sama lain sebelum menyambut bulan suci ramadhan.

Makan Bajamba

Makan bajamba sering juga disebut Makan Barapak, tradisi ini sampai sekarang masih jamak dilakukan oleh masyarakat Minangkabau. Makan Bajamba adalah tradisi makan dengan cara makan bersama di sebuah tempat, biasanya dilakukan pada hari besar islam, upacara adat atau acara-acara penting lainnya.

Tradisi makan bajamba diperkirakan masuk ke Sumatera Barat seiring dengan masuknya islam ke Ranah Minang pada abad ke-7. Maka tidak heran banyak adab dalam makan bajamba yang sesuai dengan syariat islam.

Tabuik

Tradisi unik di daerah Pariaman, Sumatera Barat, yang dilakukan saat peringatan hari Asyura dalam agama Islam.

Pada hari tersebut, masyarakat membuat replika kapal yang dihiasi dengan bunga-bunga dan kain-kain warna-warni sebagai simbol kesedihan atas kematian cucu Nabi Muhammad, Imam Hussein bin Ali.

Kapal-kapal tersebut kemudian diarak di jalan-jalan kota sebelum akhirnya diarak ke laut dan dibakar.

Secara keseluruhan, sejarah suku Minang memiliki berbagai tradisi yang unik dan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan bangsa Indonesia hingga saat ini.

BACA JUGA:8 Suku Asli Sumatera Utara, Salah Satunya Enggan Disebut Orang Batak

Demikian sejarah singkat minangkabau dan tradisi yang sering dilakukan. Selain ini juga masih banyak tradisi lain masyarakat minang, seperti pacua itiak, turun mandi, Batagak Pangulu, Batagak Kudo-kudo dan lainnya. Mudahan konten ini menambah pengetahuan pembaca, jika terdapat kesalahan penulisan, penyebutan istilah dan lainnya akan diperbaiki.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: