Jangan Dibuang! Limbah Sawit Ternyata Dapat Dijadikan Sebagai Kerajinan

Jangan Dibuang! Limbah Sawit Ternyata Dapat Dijadikan Sebagai Kerajinan

Jangan Dibuang! Limbah Sawit Ternyata Dapat Dijadikan Sebagai Kerajinan--

RADARMUKOMUKO.COM  - Menjaga Lingkungan serta pelestarian lingkungan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh manusia.

Limbah merupakan salah satu hal yang menyebabkan kerusakan lingkungan yang berasal dari saluran Pembuangan pabrik pengelolaan.

Limbah kelapa sawit juga termasuk dalam limbah yang memberikan dampak serius terhadap pencemaran lingkungan dan masyarakat sekitar apabila tidak dikelola dengan baik.

BACA JUGA:Usai Uni Eropa Kini Amerika Serikat Ikut Blokir Sawit, Alasan Mencegah Ini, Akibatnya Banyak Komediti Terdamp

BACA JUGA:Lidi Sawit Bernilai Ekonomi, Menjadi Suvenir dan Diekspor ke Luar Negeri, Ini Caranya

Maka dari itu, sebagai manusia kita harus peka dan harus berfikir untuk mencari solusi tentang bagaimana kita dapat mencegah hal hal yang berdampak pada kerusakan lingkungan.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatan limbah. Pemanfaatan limbah menjadi sesuatu yang berguna ini dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi pencemaran akibat limbah.

Selain itu, pemanfaatan limbah ini juga dapat menjadi penghasilan tambahan dengan cara membuat kerajinan sebagai kreativitas guna meningkatkan penghasilan tambahan bagi para petani.

Sebagai sumber limbah yang dapat domanfaatkan untuk dinadikan kerajinan adalah sisa hasil dari proese budidaya tanaman kelapa sawit maupun dari industri pengolaan sawit.

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Limbah Perkebunan Sawit Ternyata Dapat Dijadikan Sebagai Pakan Ternak

Adapun proses mengolah kerajinan limbah dalam hal ini adalah limbah sawit yaitu dimulai setelah pendapat bahan baku dari limbah kebun sawit.

Beberapa limbah yang dapat digunakan sebagai bahan baku kerajinan diantaranya adalah Pelepah yang dibersihkan lalu diserut menggunakan mesin penyerut lidi.

Lalu, lidi sawit dapat  menjadi berbagai jenis macam kerajinan, kemudian dapat divermis untuk mengubah warnanya dan membuat anyaman menjadi lebih awet dan mengkilat.

Selain itu, inovasi lain yang dapat dilakukan pada limbah kelapa sawit adalah dengan menjadikan limbah kelapa sawit menjadi pupuk tanaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: