Lomba Desa Hanya di Ikuti oleh Sebagian Desa Di Teramang Jaya, Ini Alasannya

Lomba Desa Hanya di Ikuti oleh Sebagian Desa Di Teramang Jaya, Ini Alasannya

69 Persen Desa di Teramang Jaya Tak Ikuti Lomba Desa--

TERAMANG JAYA, RADARMUKOMUKO.COM – Penilaian lomba desa tingkat Kecamatan TERAMANG JAYA dimulai Kamis 25 Mei 2023. Penilaian hanya diikuti 4 dari 13 desa yang ada di kecamatan. 69 persen dari 9 desa, tidak mengikuti lomba yang diselenggarakan setiap tahun ini. 

Adapun desa yang mengikuti lomba, masing-masing Desa Nelan Indah, Batu Ejung, Pernyah, dan Desa Pondok Baru. Hari pertama, kemarin, tim turun ke Nelan Indah, pada sesi pagi. Dan dilanjutkan ke Batu Ejung, siang hingga sore. Hari ini, Jumat (26/5) tim penilai melakukan verifikasi ke Desa Pernyah. Hari terakhir, Selasa (30/5) giliran Pondok Baru.

BACA JUGA:Bupati Terima Kunjungan Atlet Futsal Putri Mukomuko, Runner Up Liga Futsal Nusantara Regional Bengkulu 2023

Sekretaris Camat (Sekcam) Teramang Jaya, Wagimin, S.Sos.I menjelaskan, lomba ini hanya bisa diikuti oleh desa kategori berkembang dan sangat berkembang. Desa yang tidak memenuhi kriteria tersebut, maka tidak bisa ikut lomba. Perkembangan desa bisa dilihat dari aplikasi Epdeskel. Data yang dimasukkan pada aplikasi Epdeskel, adalah data 2021 dan 2022. 

‘’Memang tidak semua desa bisa mengikuti lomba ini. Kategori desa berkembang dan cepat berkembang, dilihat dari Epdeskel. Ada desa yang stagnan, ada juga desa tidak mengisi Epdeskel,’’ jelas Wagimin.

BACA JUGA:Persoalan Listrik Jadi Kendala Utama Pertumbuhan Ekonomi di Mukomuko

Wagimin juga mengatakan, untuk tahun depan, lomba desa dipersiapkan lebih matang lagi. Sejak awal tahun lalu, desa diminta untuk melaksanakan program-program yang ada. Setiap kegiatan dilengkapi dengan dokumen. Pada awal 2024 nanti, seluruh data yang ada dimasukkan dalam aplikasi Epdeskel. 

‘’Kami mengimbau dan mengingatkan agar desa lebih siap mengikuti lomba tahun depan. Persiapan dilakukan dari awal tahun,’’ kata Wagimin.

BACA JUGA:Daftar Plat Nomor Kendaraan Seluruh Daerah, Kamu Harus Kenali

Terpisah, Kaur Keuangan Desa Teramang Jaya, Ani Irma Yunita, SH mengatakan desanya tidak ikut penilaian. Ia mengaku tidak mendapatkan informasi atas hal ini. Selain itu, Teramang Jaya, juga tidak mengisi aplikasi Epdeskel.

‘’Kami tidak mendapat info lomba desa. Dan kami memang tidak mengisi aplikasi Epdeskel,’’ demikian Ita.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: