Luar Biasa! Ini Manfaat dan Kegunaan Dari Cangkang sawit

Luar Biasa! Ini Manfaat dan Kegunaan Dari Cangkang sawit

Manfaat dari Cangkang Sawit-Ilustrasi-Berbagai Sumber

RADARMUKOMUKO.COMCangkang sawit dikenal sebagai limbah dari produksi minyak sawit yang berbentuk seperti tempurung dengan karakter lapisan keras yang bertujuan untuk melindungi biji sawit. 

Walau demikian, cangkang sawit memiliki nilai ekonomi yang tinggi, karena manaafnya sangat banyak.

Cangkang sawit telah digunakan oleh banyak negara seperti Jepang sebagai energi alternatif pengganti fossil oil. 

BACA JUGA:Bukan Hanya CPO, Sawit Juga Hasilkan Produk Bernilai Tinggi Ini

BACA JUGA:Asal-Usul Kelapa Sawit: Ternyata Bukan Berasal Dari Indonesia

Berikut ini beberapa manfaat dari cangkang sawit dilansir dari palmoilina.asia:

Bahan Baku Arang Berkualitas Tinggi

Cangkang sawit dapat dijadikan sebagai bahan baku arang atau charcoal dengan kualitas yang tinggi. Kandungan zat lignoselulosa pada cangkang sawit menjadi faktor mengapa arang yang dihasilkan dari cangkang sawit memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan arang yang berasal dari kayu atau tempurung kelapa biasa.

Selain itu, berat arang sawit dapat mencapai 1,4 gram/ml dan energi panas yang dihasilkan dari pembakaran arang lebih besar, yaitu sejumlah 20.093 kJ/Kg. Perbedaan yang sangat mencolok ini akan sangat kentara apabila dibandingkan dengan arang yang berbahan dasar dari kayu ataupun tempurung kelapa biasa pada umumnya. Oleh karena itu, cangkang sawit dapat menjadi salah satu energi alternatif yang ramah lingkungan.

Bahan Bakar Boiler Alternatif

Cangkang sawit juga berguna sebagai bahan bakar boiler dengan mengubah limbah menjadi uap yang dapat menggerakan mesin turbin dan segala mesin yang berbasis uap.

Campuran Pakan Ternak yang Baik

Cangkang sawit dapat dimanfaatkan sebagai campuran pakan ternak, khususnya bagian lapisan luar (kulit daging) kelapa sawit. Perpaduan antara kulit luar dengan tempurung dapat mempercepat tingkat metabolisme tubuh sekaligus pertumbuhan hewan peliharaan atau ternak seperti sapi, kambing, bebek, ikan, sampai dengan ternak ayam.

BACA JUGA:Inilah Faktor Penting yang Perlu Diketahui Sebelum Menanam Sawit Agar dapat Menghasilkan Buah yang Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: