Luar Biasa! Ini Manfaat dan Kegunaan Dari Cangkang sawit

Luar Biasa! Ini Manfaat dan Kegunaan Dari Cangkang sawit

Manfaat dari Cangkang Sawit-Ilustrasi-Berbagai Sumber

Namun, perlu diperhatikan bahwa pengolahan pakan ternak berbasis cangkang sawit harus melalui prosedur yang baik dan benar serta menggunakan proses pengolahan yang aman agar tidak membahayakan kesehatan hewan ternak.

Bahan Pengeras Jalan yang kuat dan Ekonomis

Cangkang sawit dapat digunakan sebagai bahan pengeras jalan. Para pelaku industri perkebunan sawit sering menggunakan cangkang sawit untuk pengerasan jalan untuk akses di sekitar perkebunan kelapa sawit karena memiliki harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan aspal yang mahal. Dari sisi kualitas, pengerasan jalan yang dihasilkan dari cangkang sawit juga tidak kalah kuat dan bahkan lebih bagus daripada aspal.

Potensi Ekonomi dari Cangkang sawit

Dalam hal potensi ekonomi dari cangkang sawit, Indonesia memiliki potensi yang besar. Indonesia merupakan produsen kelapa sawit terbesar di dunia dengan produksi mencapai 42,5 juta ton pada tahun 2020. Dengan potensi tersebut, pengolahan cangkang sawit menjadi bahan bakar alternatif dan pupuk organik dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi industri kelapa sawit di Indonesia.

BACA JUGA:3 Fakta Unik Tentang Minyak Kelapa Sawit Yang Wajib Kamu Tahu

Dalam rangka memaksimalkan potensi pengolahan cangkang sawit, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah, industri, maupun masyarakat. Pemerintah dapat memberikan insentif dan kebijakan yang mendukung pengembangan teknologi pengolahan cangkang sawit. Industri kelapa sawit dapat memperkuat kolaborasi dan pengembangan teknologi untuk memaksimalkan pemanfaatan limbah cangkang sawit. Sedangkan, masyarakat dapat memperluas pengetahuan dan kesadaran akan manfaat limbah cangkang sawit sebagai sumber daya yang bernilai.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: