Mukomuko Termasuk Penghasil CPO Terbesar di Sumatera, Ini Total Produksi per Tahun

Mukomuko Termasuk Penghasil CPO Terbesar di Sumatera, Ini Total Produksi per Tahun

Pabrik CPO--

RADARMUKOMUKO.COMKabupaten Mukomuko masuk dalam daftar penyumbang Crude Palm Oil (CPO) terbesar di Pulau Sumatera, Indonesia.

Produksi CPO yang dikeluarkan dari daerah perkebunan kelapa sawit terluas di Provinsi Bengkulu tersebut, rata-rata 48 ribu ton per bulan atau 576 ribu ton per tahun. 

‘’Kabupaten Mukomuko termasuk dalam daftar penyumbang ekspor CPO terbesar klasifikasi kabupaten kota di Pulau Sumatera. Total rata-rata produksi CPO 576 ribu ton per tahun,’’ ungkap Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA., CPI baru-baru ini. 

BACA JUGA:11 Kota Mati Yang Menyeramkan, Kisahnya Bikin Merinding

BACA JUGA:10 Cara Mudah Download Video YouTube Menjadi Mp3, Cukup Copy Link  

Hasil produksi CPO didukung dengan jumlah luas lahan perkebunan kelapa sawit produktif. Data terhimpun, di tahun 2023, luas perkebunan sawit produktif di Kabupaten Mukomuko mencapai 158.614 hektare (Ha). Secara rinci, 108.938 hektare merupakan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat dan 49.672 hektare lahan budidaya perusahaan.

Dijelaskan Bupati Sapuan, semua hasil produksi kelapa sawit di daerah ini langsung diolah perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Mukomuko. Hasil produksi CPO baru dilemparkan ke luar daerah atau diekspor ke luar negeri. 

‘’Hasil produksi kelapa sawit masyarakat maupun milik perusahaan, langsung diolah oleh pabrik kelapa sawit di Mukomuko. Ada 16 pabrik CPO yang beroperasi di Mukomuko, sebagian besar menampung pasokan buah TBS masyarakat. Dari sejumlah pabrik itu, pemasok buah terpaksa harus mengantri, karena banyaknya hasil produksi TBS di daerah ini,’’ terannya. 

BACA JUGA:Warga Nelan Indah Blokade Jalan Pabrik CPO PT. MMIL, Jangkos Ditumpukkan di Jalan 

Untuk diketahui, di wilayah Kabupaten Mukomuko terdapat perusahaan penanaman modal yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Baik Penamanan Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). 

Berdasarkan data, perkebunan kelapa sawit terluas milik PT. Agromuko dan PT.Darya Dharma Pratama (DDP). Kemudian, perkebunan PT.PD Perkebunan Aceh Timur (PATI), PT. Agricinal. Selain itu, perusahaan perkebunan skala menengah, PT. Vanda Muko, PT. Mukomuko Agro Sejahtera, PT. Asia permai Lestari dan PT. Sari Timba Raflesia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: